4 Langkah Menggambar dan Mewarnai Pemandangan Alam di Pedesaan

menggambar dan mewarnai

Pemandangan alam pedesaan berlatar gunung, hamparan sawah, dan pepohonan tidak saja menarik untuk dilihat, tetapi juga menarik untuk ditiru dalam bahasa gambar. Agar lebih hidup, gambar dapat diberi tambahan objek, seperti seorang petani yang sedang bekerja di sawah.

Hand drawing atau menggambar dengan tangan bisa dilakukan siapa saja, termasuk buah hati Anda. Tidak ada syarat khusus untuk memulai belajar menggambar. Yang pasti memulainya tanpa rasa takut salah atau malu melakukannya. Biarkan anak Anda berekspresi dengan pensil warna atau krayon mereka. Nah, jika ingin melihat panduan menggambar, tutorial di bawah ini bisa diajarkan kepada anak Anda untuk belajar menggambar dan mewarnai.

Buah hati Anda bisa berlatih menggambar seperti ini bermedia kertas gambar, krayon, dan pensil berikut langkahnya:

 

  1. Sediakan selembar kertas gambar. Letakkan kertas dalam posisi landspace atau horizontal. Ambil pensil, buatlah garis cakrawala atau horizon, kira-kira sisakan area untuk langit seperempatnya. Tipis saja.

menggambar dan mewarnai

 

Kemudian, buatlah pepohonan rimbun yang nampak jauh (seperti menggambar lengkung-lengkung yang bersambung). Tambahkan petak sawah dan seorang petani, rumah, dua pohon besar nampak besar di sebelah kiri, dan beberapa pohon di belakang rumah.

 

  1. Langkah kedua tambahkan sebuah gunung di atas pepohonan rimbun. Lalu tebalkan.

menggambar dan mewarnai

 

  1. Ambil krayon warna kuning, biru tua, ungu, dan orange. Tambahkan warna-warna primer seperti biru di gigir gunung, blok saja tanpa ragu. Warna kuning di dedaunan. Warna hijau tua di batang pohon atau sawah. Pada langkah ketiga beri warna dengan teknik blocking atau ratakan dengan pekat.

menggambar dan mewarnai

 

  1. Langkah terakhir, bermain dengan warna gradasi. Misalnya warna langit dengan lapisan warna putih, warna biru muda, dan warna biru tua. Untuk pepohonan rimbun dan pohon besar, caranya sama, ambil krayon hijau tua dan hijau muda lalu warnai. Berikan aksen warna kuning agar menarik di ruas-ruas batang dan dedaunan.

menggambar dan mewarnai

Setelah buah hati Anda bisa meniru langkah keempat, cobalah ajak mereka berkreasi dengan gambar dan warna lain yang mereka suka.

 

Ingin tahu lebih jelas? Temukan dan disimak dalam buku terbitan Cikal Aksara berjudul “Panduan Lengkap Menggambar & Mewarnai dengan Krayon”.

 

Selamat mencoba.