6 Manfaat Belajar Mewarnai untuk Anak

6 manfaat mewarnai untuk anak

Urusan corat-coret warna untuk anak usia di bawah lima tahun rata-rata mereka suka. Anak-anak dengan senang hati melakukannya saat disediakan krayon atau pensil warna. Tak jarang dinding rumah ikut kena sasaran. Tak apa, asal tidak semua dinding kena coretan. Orangtua tinggal sediakan area dinding yang boleh warnai oleh anak.

Banyak manfaat belajar mewarnai untuk anak. Yang dimaksud mewarnai di sini mewarnai di atas kertas gambar atau buku mewarnai. Aktivitas mewarnai adalah cara sederhana membantu anak untuk mengembangkan kemampuan psikologis, kognitif, dan daya kreativitas. Mereka yang melakukan aktivitas ini dengan senang, akan lebih sehat dan gembira.

Melatih Motorik Anak

Aktivitas mewarnai (colouring) dapat melatih, mengaktifkan, serta membangun otot motorik anak di sekitar otot pergelangan tangan. Syaraf motorik ini berfungsi mengirimkan sinyal dari syaraf otak, melalui sumsum tulang belakang, hingga ke seluruh otot di tubuh.

Sarana Mengekspresikan Diri

Aktivitas mewarnai dapat menjadi media mengekspresikan diri untuk anak. Biarkan energi dan kreativitas mereka tercurah pada lembaran-lembaran kertas gambar. Ekpresi mewarnai setiap anak berbeda. Lihatlah keunikan mereka.

Merangsang Daya Kreativitas

Aneka warna yang mereka coba padukan, lama-kelamaan akan merangsang daya kreativitas mereka. Bebaskan dan abaikan saja saat anak coba menggali warna-warna yang mereka sukai. Orangtua boleh perlahan mengarahkan perpaduan warna sesuai teori warna.

Turut dalam Lomba Mewarnai

Ikut serta dalam lomba mewarnai dapat menambah kepercayaan diri, keberanian, serta mengetes daya kreativitas anak. Asalkan orangtua tidak menuntut mereka berkompetisi dan selalu juara, mengikuti lomba mewarnai akan selalu fun bagi anak-anak.

Kontribusi untuk Tulisan Tangan

Mengenal lekuk aneka bentuk dan pola saat anak mewarnai, membantu mereka belajar saat mengenal tulisan tangan. Aktivitas ini memberikan sumbangan saat anak mulai belajar menulis. Setiap lekuk huruf dalam alfabet memiliki variasi yang berbeda, di sini perhatian dan latihan yang terus menerus membantu anak melancarkan membuat huruf-huruf.

Mengenal Alat Mewarnai

Melalui aktivitas mewarnai, anak akan dikenalkan perbedaan menggunakan pensil warna, krayon, cat air, dan spidol warna. Selain itu, karakter alat warna, anak juga belajar mengenal tekstur kertas gambar.

Mengenalkan Kesadaran Ruang, Batas, dan Struktur

Dalam kegiatan mewarnai untuk anak akan belajar dan berjumpa garis batas, perspektif, dan bentuk ruang. Dasar-dasar ini akan mereka jumpai saat anak belajar matematika dan menggambar tingkat lanjut.