Inilah Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

mendongeng

Tentu saja sangat menyedihkan jika aktivitas mendongeng di rumah untuk buah hati Anda mulai menghilang. Nampaknya saat ini, gadget dan televisi telah banyak merebut perhatian anak-anak. Padahal mendongengkan cerita untuk anak banyak manfaatnya.

Nah, mari kita tengok dan ingat kembali manfaat mendongeng atau story telling untuk anak. Sementara itu, mohon matikan televisi dan simpan rapat gadget di tempat yang tidak terjangkau buah hati anda.

Seperti kita ketahui konten televisi saat ini sulit kita pilih. Para pelanggan televisi, baik yang berbayar maupun tidak, kesulitan menentukan tayangan program yang pas dan layak untuk anak-anak. Justu melalui aktivitas mendongeng, orangtua bisa memilih dan menentukan cerita sendiri, termasuk memilih buku bacaan yang hendak diceritakan.

Lewat dongeng, buah hati bunda akan lebih dekat, baik secara fisik maupun emosional. Anak lebih dekat dan nyaman dengan Anda.

Dongeng adalah media pendidikan yang paling mudah untuk menyampaikan dan menanamkan pesan moral. Cerita-cerita yang mengandung pesan kejujuran, keberanian, dan pesan positif lain bisa kita sampaikan lewat media dongeng.

Ini yang tidak kalah penting, dunia anak adalah dunia imajinatif. Melalui dongeng ini, daya imajinatif anak bisa dikembangkan. Yuk, agendakan membacakan dongeng untuk anak sesering mungkin.

Mendongeng adalah bagian penting untuk perkembangan diri anak. Bahkan, karakter anak bisa dibangun dan dikembangkan dengan aktivitas dongeng. Selain itu, mendongeng bisa disebut sebagai metode kreatif untuk menyampaikan pengetahuan secara asyik.

Dari mana bahan bacaan untuk mendongeng? Bahan mendongeng bisa diambil dari kisah sehari-hari atau dari buku anak. Bahan mendongeng asli Indonesia biasa diambil dari cerita-cerita rakyat yang menyisipi pesan moral. Misalnya, dari buku “Cerita Rakyat Nusantara; Terpopuler Sepanjang Masa. “

Kapan waktu yang tepat untuk mendongeng? Mendongeng tidak melulu disiapkan menjelang anak mau beranjak tidur. Namun, saat inilah sesungguhnya kondisi gelombang otak anak mudah menerima saran sugestif. Pesan dongeng pun akan lebih masuk dan meresap ke alam bawah sadar mereka.

Berapa lama waktu mendongeng untuk anak? Membacakan satu sampai dua lembar cerita tidak lebih dari lima menit. Bunda dan ayah, tidak perlu risau perkara lamanya mendongeng.

Akan lebih seru saat mendongeng orangtua menggunakan media tambahan seperti boneka, menunjukan karakter dalam buku, dan berekspresi dengan suara yang berbeda-beda agar menarik anak.

Mendongeng memang membutuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat, agar si anak dapat merasakan dan melihat bagaimana aneka mimik wajah; marah, gembira, sedih, dan sebagainya.

Manfaat terakhir dari mendongeng, kemampuan berbahasa anak akan lebih baik, karena setiap berganti dongeng anak akan menjumpai kosakata baru.

Selamat membacakan dongeng untuk putra-putri bunda untuk malam nanti.