,

Inspirasi dari “Universal Children Day”

children

Setidaknya dalam satu tahun ada dua perayaan hari anak. Pertama yang skala nasional dan kedua skala internasional. Hari Anak Nasional diperingati setiap 22 Juni dan Hari Anak Internasional jatuh pada tanggal 20 November. Untuk kesamaannya, kedua sebagai pengingat hak-hak anak; hak untuk bermain, hak kesehatan, perlindungan, keamanan, dan pendidikan.

Keempat hal di atas secara nasional dan global sejatinya masih belum terpenuhi. Masih banyak anak yang kurang sehat dan hidup dalam kondisi ketakutan karena kelaparan, peperangan, dan masalah lainnya.

Pada kesempatan Hari Anak Nasional tahun 2017 yang lalu, Presiden Joko Widodo mengingatkan perlindungan anak dimulai dari keluarga dengan mengusung tema “Saya Anak Indonesia, Saya Gembira”. Untuk menghibur anak-anak, Jokowi bermain sulap di depan anak-anak.

20 November Sebagai Universal Children Day

Di beberapa negara, perayaan Hari Anak Internasional ditandai dengan hari libur anak, tepatnya setiap 20 November.  Oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), peringatan Hari Anak Internasional ini pertama kali dirayakan pada tahun 1954. Secara global, Hari Anak Internasional ini bertujuan menggalang semangat kebersamaan secara luas, membangun kesadaran untuk anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Pada 20 November 1989, PBB mengadopsi Konvensi Hak-hak Anak, hasil deklarasi ini mengingatkan masa anak-anak perlu pendampingan dan perawatan khusus. Di sini peran keluarga, sebagai kelompok masyarakat terkecil memikul tanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan serta perlindungan anak.
Terkait hal ini, orang tua, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintahan, aktivis masyarakat sipil, para pemangku agama dan masyarakat, penguasa perusahaan, profesional media serta anak muda dan anak-anak sendiri dapat memainkan peran penting dalam membuat Hari Anak Internasional yang relevan bagi masyarakat mereka, komunitas dan bangsa.

Hari Anak Internasional adalah kesempatan untuk memberi inspirasi, mempromosikan dan merayakan hak anak-anak, menerjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik untuk anak-anak.

 

Potongan Harga 50% untuk Ebook Children Books dari Cikal Aksara

Dalam rangka memeringati Universal Children Day 2017, Cikal Aksara memberikan diskon 50% untuk berbagai ebook terpilih yang ada di Google Playstore. Promo ini berlangsung dari tanggal 18 November hingga 24 November 2017. Cara beli ebook dapat dilihat di sini. Masukkan kata kunci pada kolom search dengan: UniversalChildrenDay2017CikalAksara. Pilih buku digital yang diinginkan, klik beli. Metode pembayaran bisa dengan cara memotong pulsa Anda untuk provider Telkomsel, XL, dan Indosat. Jika ingin melihat koleksi buku digitalnya, sila buka browser, lalu klik bit.ly/ebookdiskon2017.

Sumber: un.org dan unicef.org

Foto: Unsplash.com