Panduan Mewarnai dengan Pensil Warna untuk Anak

menggambar dan mewarnai dengan pensil warna

Salah satu “teman” menggambar dan mewarnai anak-anak adalah pensil warna. Anak-anak pra sekolah dan sekolah biasa menggunakan pensil warna sebagai alat menggambar dan mewarnai. Selain relatif awet, pensil warna juga relatif murah dan mudah digunakan oleh anak-anak.

Sebelum melakukan aktivitas mewarnai, buah hati Anda perlu dikenalkan alat-alat yang biasa digunakan untuk mewarnai. Bunda bisa memfasilitasi anak dengan pensil warna, penghapus, buku gambar, kertas, dan serutan. Tak kalah penting mendampingi dan memberi arahan menjadi bagian dari penyemangat aktivitas ini.

Aktivitas mewarnai untuk anak dapat melatih anak berimajinasi dan membangun motorik anak. Selain itu, lewat aktivitas mewarnai, daya konsentrasi, ketekunan, dan kesabaran akan akan terlatih. Yang tidak kalah penting, mewarnai bisa menjadi alat anak untuk berekspresi serta meluangkan waktu dengan kegiatan positif.

Nah, dalam artikel ini, akan mengulas seputar pensil warna. Seperti Ayah dan Bunda ketahui, pensil warna banyak digunakan anak untuk menggambar dan mewarnai.

Mengenal Pensil Warna

Alat ini biasa dikenalkan pertama kali untuk anak saat belajar menggambar dan mewarnai. Jumlah warnanya mulai dari 12 hingga 48 yang lebih lengkap. Pensil warna terbuat dari karbon atau grafit, dipadu dengan tanah liat yang dilapisi kayu. Kelebihan pensil warna di antaranya cocok untuk menggambar permukaan kertas dengan detail. Pensil warna pun terlihat lebih cerah dan mencolok.

Sementara kekurangan pensil warna, membutuhkan teknik dan kesabaran untuk melakukan pemulasan dan goresan yang bagus. Hal ini cocok untuk melatih kesabaran anak.

Soal memegang pensil, sebenarnya tidak ada panduan khusus, banyak variasi dan tergantung pada keleluasaan dan enak tidaknya anak saat memegangnya. Perlu diketahui, untuk kesehatan anak, mohon diingatkan setelah mewarnai, buah hati anda perlu mencuci tangan ya J

Mengenal Warna

colors-pin23Teori warna perlu dikenalkan perlahan ke anak-anak. Akan lebih mudah, jika anak mengenal warna-warna dalam lingkaran warna. Melalui dasar ini kemampuan memilih dan menerapkan warna-warna akan lebih terarah dan terasah, hingga menghasilkan pulasan visual warna yang indah. Misalnya, mengenalkan warna komplementer atau paduan warna yang berlawan, seperti paduan hijau dan merah, biru dengan orange, dan kuning dan ungu.

Teknik Mewarnai

Jika orangtua ingin mengenalkan teknik dasar mewarnai dengan pensil warna, beberapa teknik bisa disampaikan, antara lain seperti teknik memegang pensil warna berdasarkan penekanan ujung pensil.

Pertama, penekanan pensil dengan mengambang; teknik untuk mendapatkan goresan halus dan tipis. Sementara teknik medium, cara menggoreskan agak menekan pensil warna; teknik ini untuk mendapatkan ulasan dan goresan agak tebal. Dan terakhir, teknik penekanan keras bertujuan mendapatkan goresan tebal sekali, untuk memberikan kesan kuat.

Untuk teknik membuat goresan gradasi warna ada beberapa macam. Tekniknya mirip mengarsir garis-garis, pertama teknik variasi penekanan goresan pensil dengan membuat garis secara terarah; bisa atas, ke bawah maupun arah diagonal. Teknik lain bisa membuat garis bergelombang atau poin titik-titik yang banyak.

Inspirasi Belajar Mewarnai

Dalam belajar mewarnai akan mudah dengan melihat video panduan mewarnai. Lewat video panduan mewarnai, buah hati bisa mengamati detail cara mengarsir, menggores, membuat gradasi dan teknik pewarnaan lainnya. Melihat langsung video teknik mewarnai pun bisa memberi inspirasi anak cara-cara menggores dengan pensil warna.

Berikut beberapa video inspirasi mewarnai aneka obyek, seperti mewarnai Mandau, Dinosaurus, dan Hewan Liar. Link tautan untuk menonton video panduan mewarnai ini bisa dilakukan langsung melalui smartphone dengan cara men-scan QR Code untuk menuju channel youtube Cikal Aksara.

Mewarnai Mandau senjata tradisional khas dari Suku Dayak. Sekadar info, senjata Mandau berasal dari besi mantikeu. Mandau banyak dihiasi ukiran dan pahatan detail khas Kalimantan, sehingga cocok dijadikan sebagai cinderamata.

 

Video di atas diambil dari bonus buku “Fun Coloring Mewarnai Budaya Nusantara”

 

Video di bawah ini diambil dari bonus buku “Fun Coloring Mewarnai Dinosaurus”

 

Kedua buku mewarnai yang ada di video tersebut cocok untuk teman mewarnai buah hati Anda. Beberapa keunggulan buku Fun Coloring yang ada di atas yaitu dicetak dua warna sehingga terlihat lebih menarik untuk anak. Informasi singkat dan fakta unik terkait obyek mewarnai akan menambah wawasan anak-anak; mereka tidak sekadar mewarnai tetapi memperoleh informasi terkait obyek yang sedang ditekuni.

Keunggulan lain dari buku Fun Coloring seri Budaya Nusantara dan seri Dinosaurus ini sudah termasuk bonus big poster ukuran A3 dari berbagai macam objek yang ada di buku, poster ini bisa untuk ditempel atau dipajang dan menjadi panduan mewarnai.

Selain dua buku, seri buku FUN COLORING, seri di atas, masih ada seri lain seperti HEWAN PELIHARAAN, HEWAN LIAR, BUAH DAN SAYUR, dan ALAT TRANSPORTASI.

Nah, pada bulan Agustus hingga September 2017, bagi bunda yang membeli 2 buah buku seri Fun Coloring bisa memperoleh hadiah langsung 1 set pensil warna. Promo ini hanya berlaku di toko buku TM Bookstore Jabodetabek, seperti TM Bookstore Depok Town Square, TM Bookstore D’Mall Depok, TM Bookstore Plaza Cibubur, dan TM Bookstore Poins Square.

Promo Fun Coloring Agustus 2017