,

Persembahan Kami, Dongeng Kerajaan Nusantara [Preorder]

dongeng kerajaan nusantara

Nusantara tidak saja kaya akan alam dan beragaman sukunya. Beraneka cerita rakyat, legenda, dan dongeng yang bisa kita gali dari berbagai wilayah. Ya, hampir di setiap daerah di Nusantara memiliki dongeng. Cerita, legenda, dongeng, fabel, tertebaran dari Sabang hingga Merauke. Bunda, tentu ingat dongeng Malin Kundang dari Sumatra Utara yang sangat populer.

Dahulu nenek moyang kita melalui tradisi lisan coba melestarikan cerita-cerita tersebut. Tidak saja untuk alasan agar tidak pudar atau hilang. Lebih mendalam, melalui dongeng-dongeng lokal cara orangtua untuk menjaga budaya Indonesia. Pesan dan hikmah yang dibawa inspiratif, patut ditularkan ke anak-cucu.

Selain tema-tema di atas, dongeng di seputar kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara juga sering kita simak. Dari tokoh-tokoh panutan kerajaan hingga para petinggi kerajaan selalu menarik untuk diperdengarkan untuk buah hati kita. Tokoh-tokoh kerajaan tersebut ada dalam narasi sejarah. Bukan fiksi dan dalam buku cerita anak jarang kita dengar.

Sebutlah salah satu cerita Jaka Tingkir. Beliau memiliki nama lain Sultan Hadiwijaya, pendiri kerajaan Pajang. Jaka Tingkir termasuk pemuda yang rajin dan gigih menimba ilmu. Hingga di sebuah perjalanan di atas perahu, ia berjumpa buaya. Buaya-buaya tersebut menyerang perahu getheknya. Dalam perkelahian itu Jaka Tingkir memenangkan, hingga ketundukan para buaya itu digambarkan mendorong perahu Jaka Tingkir.

Dalam kisah selanjutnya, Jaka Tingkir mampu menaklukan kerbau. Hingga pemuda tersebut oleh sang raja diangkat menjadi lurah. Pesan yang ingin disampaikan dalam cerita Jaka Tingkir adalah motivasi dan kegigihan rakyat biasa yang bisa mendirikan sebuah kerajaan.

Manfaat mendongeng tokoh kerajaan adalah bahwa kita di Indonesia juga memiliki berbagai kisah inspiratif dan sarat pesan moral dari para tokoh-tokoh kerajaan pada zaman dahulu. Selain tokoh Jaka Tingkir, masih ada kisah Raden Patah, Sultan Hamengkubuwono, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Hasanudin, dan lainnya, bisa kita ambil sejarah dan pesan moralnya. Semua cerita dari beberapa tokoh kerajaan nusantara terangkum dalam satu buku terbaru terbitan Cikal Aksara dengan judul Dongeng Kerajaan Nusantara.

Buku Dongeng Kerajaan Nusantara. (link ke katalog) bisa menjadi pilihan untuk mengenalkan sejarah kerajaan dan budaya Indonesia kepada anak. Yuk, Bunda bisa mendapatkan bukunya di toko buku online favoritmu. Khusus pemesanan preorder pada tanggal 20-31 Oktober 2017, Bunda bisa memperoleh diskon khusus 20% dari harga normal Rp69.000 menjadi Rp55.200. Tidak hanya itu, selama periode preorder tersebut, dapatkan hadiah menarik berupa gantungan kunci boneka. Dapatkan di beberapa toko buku online berikut ini.

  1. RepublikFiksi.com (WA 087885575247)
  2. Bukukita.com (WA 081285000570)
  3. BukaBuku.com (WA 08988899950)
  4. BukuBukuLaris.com (WA 087873326059)
  5. TukuGan.com (WA 085883831019)
  6. BukuWanita.com (WA 08888413707)
  7. IG @keranjangjinjing (WA 085811852761)

 

 

preorder-cikal-1000x1000