Beberapa Hal Ini Bisa Dilakukan Agar Buah Hati Anda Pandai Bahasa Inggris

Ya bunda, perlu kreativitas untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak. Media film, buku, lagu, permainan, dan gambar bisa dipadukan untuk mengenalkan bahasa Inggris pada buah hati yang berusia 4 hingga 6 tahun. Mana yang cocok bisa diujicobakan. Tentu saja disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan anak. Misalnya, untuk anak-anak yang aktif, media permainan mungkin akan cocok untuk mereka. Sementara bagi yang menyukai gambar, aktivitas mewarnai dan menggambar bisa dipadukan.

Banyak manfaat mengenalkan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sejak usia 4 hingga 6 tahun. Dari sisi motorik dan kreativitas, “syaraf-syaraf bahasa” mereka akan mudah tumbuh dan berkembang. Pasalnya pada usia tersebut dengan kondisi anak-anak yang normal, otak anak-anak akan lebih mudah menerima hal baru dan lebih mudah menangkapnya. Inilah yang disebut periode golden age.

Perlu Game dan Aktivitas untuk Belajar Bahasa Inggris

 

Keterampilan berbahasa asing bukanlah faktor genetik atau keturunan. Berbahasa lebih kepada kebiasaan mendengar dan berkomunikasi. Semakin sering anak mendengar ucapan bahasa Inggris, lambat laun anak-anak mengerti pula. Tengok saja ketika di rumah orang tua lebih sering berbahasa Jawa atau Sunda, otomatis anak akan mengerti juga bukan. Demikian pula dalam bahasa Inggris sehari-hari. Anak-anak yang terbiasa menonton channel televisi anak berbahasa Inggris cenderung lebih mudah menerima aneka kosa kata dalam bahasa Inggris.

 

BACA JUGA:

 

Ada yang mengatakan seperti halnya belajar berenang, bahasa asing bisa dipelajari dengan banyak mempraktikkan. Maka sebaiknya diajarkan sedini mungkin. Usia empat hingga enam tahun adalah usia belajar bahasa yang pas untuk buah hati Anda. Namun semakin dini ada baiknya juga.

Untuk usia di bawah lima tahun biasanya mengenalkan lagu menjadi pengantar yang baik untuk belajar bahasa Inggris. Lagu-lagu pengenalan alphabet seperti ABCD, pengenalan warna-warna seperti The Rainbow Song, atau lagu If You Happy, yang dilakukan sambil bertepuk tangan dan menghentakan kaki.

Belajar bahasa Inggris untuk anak bisa dimulai dengan aktivitas sederhana, misalnya mengenalkan kosa kata benda. Agar lebih terstruktur, buku belajar Inggris untuk anak dapat menjadi media yang membantu. Berlatih bahasa asing perlu latihan mengeja, membaca, serta menulis huruf dan kata. Dalam buku “Learn and Play in English”  diberikan langkah-langkah tersebut. Buku ini mendorong anak-anak untuk belajar kosa kata baru dalam bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan mudah.

learn and play in englishYang jelas ada empat aneka aktivitas dan games seru yang bisa dijumpai dalam buku terbitan Cikal Aksara ini, seperti pengenalan alfabet, tracing dan mewarnai huruf, fun activities, bank kata, serta menggunting dan menempel. Ya bunda, dalam belajar anak-anak tetap perlu permainan untuk menghindari kebosanan. Buku Learn and Play in English ini juga memiliki bonus poster learn the alphabet yang dapat digunakan untuk panduan belajar mengenal A-Z dalam bahasa inggris. Materi buku ini menggunakan 100% bahasa inggris. 

Nah, pada tahapan lanjutan, bunda bisa mengajak anak berdialog sederhana, misalnya mengucapkan salam, perkenalan, dan apa yang sedang dilakukan bisa disisipkan dalam keseharian. Komunikasi dalam bahasa Inggris bisa menjadi kebiasaan rutin. Selamat mengajak buah hati belajar bahasa Inggris!

 

 

 

 

 

 

Image: Pixabay.com

 

Share your thoughts