mewarnai pemandangan

Asyiknya Belajar Menggambar dan Mewarnai dari YouTube

Asyiknya belajar menggambar dan mewarnai dari YouTube.

Bagi Bunda yang memiliki anak yang suka corat-coret, menggambar, dan mewarnai, ada baiknya segera diarahkan. Jangan sampai telat, Bun. Siapa tahu potensi dan bakat anak Bunda ada di sana.

Caranya dengan mengenalkan berbagai teknik menggambar dan mewarnai. Pilihlah media belajar berupa buku dan video yang memudahkan mereka bereksplorasi dan mendapat inspirasi. Mengapa? Media buku dan video bisa saling mendukung dan melengkapi. Lewat video akan lebih mudah mengamati.

Ya, belajar apa pun kian mudah di era internet ini. Akses keterampilan dan pengetahuan bisa didapatkan dengan mengakses internet, termasuk belajar mewarnai dan menggambar. Sumber media sosial berbasis video yang populer siapa lagi kalau bukan YouTube.

Di YouTube, banyak hal menarik dan cocok untuk diperlihatkan kepada anak-anak, terkait belajar menggambar. Misalnya channel YouTube milik CikalAksara. Di sana bunda bisa mendampingi anak untuk belajar menggambar dan mewarnai secara audio dan visual. Kelebihannya bisa diputar berulang kali, bunda bisa mengenalkan dan menjumpai aneka tema menggambar kepada anak.

Selain itu dengan melihat langsung tahap demi tahapan mewarnai dan menggambar yang bisa ditemui di channel ini, buah hati bunda, akan mencermati detail dan cara-caranya.

Kegiatan mewarnai bagi anak bermanfaat melatih motorik, menambah daya konsentrasi, serta belajar membedakan warna-warna. Selain itu anak bisa belajar membedakan karakter dan ragam peralatan mewarnai yang ia gunakan. Lebih jauh dengan aktivitas mewarnai, buah hati bunda bisa berekspresi dan meluangkan waktu dengan kegiatan positif.

Agar tergambar di benak bunda, berikut tiga contoh inspirasi ragam gambar yang bisa diwarnai oleh anak-anak.

Panduan Mewarnai Artis

Artis itu seniman. Bidangnya bermacam-macam ada artis dalam bidang film, seni pertunjukkan, seni rupa, seni musik, dan lain sebagainya. Sementara di Indonesia kata artis dalam benak kebanyakan orang dianggap sebagai orang yang seringkali muncul di televisi.

Tahapan mewarnai profesi artis digambarkan dalam video ini kurang dari empat menit. Mulai dari mewarnai detail rambut, wajah, hingga kustom yang dipakai. Oya, media pensil yang digunakan adalah pensil warna. Bunda bisa mengajak menyaksikan di bawah ini:

Berbagai gambar profesi lain yang bisa diwarnai bisa disimak dalam buku “Fun Coloring; Mewarnai Profesi.” Dalam buku ini bisa ditemukan selembar poster berisi aneka profesi, seperti astronot, pembuat konten video, sutradara, ilmuwan, dokter, arsitek, dan banyak lagi. Nah, selain sebagai pengenalan dan gambaran tentang ragam profesi yang ada, harapannya anak-anak bisa membayangkan cita-citanya.

 

Mewarnai Pemandangan Laut dengan Pensil Warna

mewarnai pemandangan

Tema mewarnai taman laut dan penghuninya seperti ikan pari, ubur-ubur, kuda laut, bintang laut, dan ikan laut bisa dijumpai dalam video ini. Penghuni dasar laut seperti bintang laut dan ubur-ubur pun menjadi pemandangan yang menarik untuk diwarnai. Silakan mengikuti video ini:

 

Aneka pemandangan lain yang disukai anak bisa dijumpai dalam buku seri Fun Coloring, berjudul Fun Coloring Mewarnai Pemandangan. Dalam buku ini banyak inspirasi untuk melatih keterampilan mewarnai seperti pemandangan sungai, persawahan, pegunungan danau, taman bunga, dan lain sebagainya.

 

Wawasan kekayaan alam dan lokasi wisata yang biasa ramai dikunjungi dikenalkan pula dalam buku ini. Beberapa pemandangan pantai yang bisa dijadikan bahan mewarnai antara lain Pantai Sarwana, Pantai Derawan, Pantai Maldives. Sementara untuk wisata bawah laut, ada Taman Laut Wakatobi, dan Taman Laut Raja Ampat. Beberapa pegunungan juga bisa coba diwarnai oleh anak, yaitu Gunung Fuji, Gunung Rinjani, dan Gunung Kelimutu.

mewarnai pantai maldives cikal aksara

Salah satu contoh bahan lembaran pemandangan pantai untuk belajar mewarnai.

Mewarnai Benda Di Sekitar Kita

mewarnai benda di sekitar kita

Untuk menambah wawasan lain, tema mewarnai benda-benda di sekitar anak bisa jadi bahan latihan. Seperti dalam video berikut ini, mewarnai tas sekolah.

 

Sekumpulan benda-benda lain seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kendaraan, sekolah, bisa ditemui dalam buku “Fun Coloring; Mewarnai Benda-benda Di Sekitar Kita.” Selain mengajak untuk mewarnai benda, anak-anak juga bisa menambah kosakata benda-benda dalam bahasa Inggris.

Dalam ketiga buku seri Fun Coloring di atas anak juga diajak untuk belajar menebalkan huruf-huruf judul di setiap lembarnya.

Nah, asyik kan belajar mewarnai dari saluran video Cikal Aksara. Untuk selalu mendapat notifikasi dari Cikal Aksara, silakan klik tombol merah subscribe channel ya agar tidak lupa. Masih banyak video-video lain yang bisa mengedukasi anak sembari bermain dan belajar.

 

Share your thoughts