100-angka--kata-petamaku

Asyiknya Mengenalkan Kata & Angka Pertama untuk Anak

 

100-kata-pertamaku-besar

Memang sudah menjadi kebiasaan bagi orangtua untuk mengajak anak berkomunikasi—bahkan sejak ia masih berada dalam kandungan. Namun, ketika anak mulai berbicara, intensitas untuk mengajak anak berbicara pun semakin tinggi.

Dalam tahap ini, kita sudah mulai bisa memperkenalkan anak pada huruf, angka, ataupun kata. Kita bisa memulainya dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Misalnya saja, memperkenalkan huruf dan kata melalui anggota tubuh. Huruf B untuk bibir, K untuk kepala, M untuk mata, dan seterusnya.

Begitu pun dengan angka. Kita bisa memperkenalkan angka kepada anak dengan memberikan contoh sederhana, seperti ada berapa jumlah telinga, melalui jari-jari, atau benda-benda di sekitar kita.

Tidak hanya itu, kita pun bisa membekali diri kita dengan berbagai macam buku referensi yang tepat tentang kata atau angka pertama bagi anak. Melalui buku-buku tersebut, anak bisa melihat dan mempraktikkannya langsung dengan contoh yang lebih bervariasi.

Namun, bagaimana dan dengan media apapun kita memperkenalkan anak pada kata dan angka pertamanya, pastikan anak merasa nyaman dengan “perkenalan” ini. Jangan sampai ia merasa terpaksa atau jenuh karena kita terlalu serius memperkenalkannya.


100-kata-angka-pertamaku

100 Kata Pertamaku & 100 Angka Pertamaku karya Kak Asti terbitan Cikal Aksara mengajak anak untuk menyempurnakan kemampuan berbicara dan mengenal angka melalui gambar-gambar menarik dalam dua bahasa (Indonesia-Inggris).

 

Share your thoughts