Belajar Teknik Mewarnai dengan Krayon untuk Anak dari Ilustrator Andal

menggambar kucing dengan krayon

Menggambar dan mewarnai adalah dasar yang utama untuk belajar membuat bentuk huruf, bidang gambar, dan membangun daya imajinasi. Selain itu, ketelatenan dan belajar untuk fokus juga menjadi bagian penting dari proses menggambar dan mewarnai. Yang lebih utama syaraf motorik anak perlahan akan terbangun saat mereka mengasah aktivitas ini.

Untuk melakukan proses ini, orang tua perlu membantu menyediakan kertas gambar, alat mewarnai, pensil, dan tisu. Tisu bisa digunakan untuk alas tangan agar tidak kotor terkena remahan atau sisa krayon. Selebihnya orang tua bisa mengarahkan dan mendampingi buah hati dalam proses ini.

Alat mewarnai yang bisa dikenalkan untuk anak salah satunya krayon. Krayon cukup populer sebagai alat mewarnai untuk anak-anak. Jika dibandingkan pensil bentuknya pas dipegang anak-anak, karena ukurannya lebih tebal.

Kenali Karakter Krayon 

Ada dua jenis krayon, wax dan oil pastel. Krayon tipe wax atau lilin memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan dengan oil pastel.

 

Cara Memilih Warna Krayon

Berbagai merk krayon banyak tersedia di toko stationary atau alat tulis. Kombinasi warnanya ada 12 warna hingga 72 warna. Bagi orang tua yang memiliki anak usia PAUD, sebagai alat perkenalan cukup berikan produk krayon yang 12 atau 24 warna.

Agar hasil gambar terlihat “nyata”, ajarkan anak memilih warna krayon. Sekadar contoh misalnya untuk warna bebatuan dan langit. Untuk mewarnai bebatuan, perlu disediakan warna krayon hitam, abu-abu, dan krayon putih. Sementara untuk warna langit, gunakan krayon warna biru muda, warna putih, dan abu-abu.

Kuncinya, setiap mewarnai suatu obyek upayakan ada gradasi warna, dari warna tua ke muda. Hal ini untuk menunjukkan perlunya pencahayaan sisi gelap dan sisi terang, serta adanya bayangan. Selain itu, gambar yang diwarnai akan menunjukkan dimensi warna.

 

Inspirasi Video Mewarnai dengan Krayon

Di Youtube Cikal Aksara bunda bisa melihat cara-cara mewarnai dengan krayon. Di sana ada banyak video yang bisa menginspirasi dalam melakukan aktivitas mewarnai. Anak perlu melihat langkah-langkah dalam mewarnai dengan krayon, sebelum mereka melakukan sendiri. Ya, anak butuh contoh.

 

Teknik Mewarnai

Jangan bingung ya, ketika mengenalkan teknik mewarnai, karena ada banyak macam. Misalnya menggores dengan teknik blok, teknik gradasi, teknik vertikal, teknik garis miring, teknik garis zig-zig, dan banyak lagi.

Selain teknik menggores ada juga teknik gradasi dari warna muda ke warna tua. Teknik mengerik warna juga bisa dicoba untuk membuat pola bertekstur.

Nah, jika masih bingung, pilih saja yang menurut anak asyik dan nyaman saat melakukan aktivitas mewarnai.

 

Langkah-langkah Menggambar Kucing

Sekarang saatnya praktik ya. Kali ini Kak Erlangga Bagus Sulistiyo, seorang desainer dan ilustrator akan mengajak anak-anak belajar mewarnai kucing.

Untuk materi gambar bisa di-download di link ini.

Selanjutnya, sediakan krayon berwarna: kuning, merah, cokelat, abu-abu, hijau, biru tua, biru muda, dan hitam.

  1. Di bawah ini gambar kucing yang akan diberi warna dengan krayon.

 gambar kucing dengan pensil

 

 

  1. Tebalkan kucing dan lingkungan di sekitarnya seperti pagar, permukaan tanah, dan tanaman. Lakukan penebalan garis dan bentuk kucing dengan krayon warna hitam.

 kucing-2

  

  1. Mulai mewarnai bagian kucing dengan warna abu-abu di bagian punggung dan telinga luar. Lalu warnai merah di bagian dalam telinga. Berikan warna dasar kuning di sekitar mulut kucing. Untuk mewarnai permukaan tanah, berikan warna cokelat tua dan cokelat muda. Sementara untuk warna dasar pagar dan tanaman blok dengan warna kuning. Lihat gambar di bawah ini.

 menggambar kucing dengan krayon 

  1. Di langkah terakhir, penuhi latar belakang warna langit dengan gradasi warna biru tua, biru muda, dan perpaduan dengan warna putih. Warnai gambar kucing dengan kombinasi orange tua di bagian kepala sebelah kiri dan warna abu-abu di sebelah kanan kepala.

menggambar kucing dengan krayon

 

Nah, agar kesan pagar nampak seperti kayu, berikan polesan warna cokelat dan kerik di bagian permukaan dengan ujung penggaris plastik atau tusuk gigi. Lakukan hal yang sama pada bagian tanaman, sebelumnya penuhi dengan warna hijau tua (lihat contoh gambar untuk hasil akhir). 

Masih banyak lagi puluhan objek gambar yang siap diwarnai, semua tersedia dalam buku “Panduan Lengkap Mewarnai dengan Krayon”. Buku ini disusun oleh Kak Erlangga Bagus Sulistyo, seorang ilustrator andal dan penulis buku anak. Buku ini dapat menjadi panduan bagi anak-anak untuk berlatih mewarnai objek dengan berbagai teknik.

Panduan Lengkap Mewarnai dengan KrayonNah, tunggu apalagi, siapkan buah hati Anda untuk meluangkan waktunya bermain dengan warna, tentu saja dengan dipandu melalui lembaran-lembaran dalam buku ini.

Dapatkan penawaran preorder eksklusif sebagai pembeli pertama buku Panduan Lengkap Mewarnai dengan Krayon karya Erlangga Bagus Sulistyo di beberapa toko buku online dari tanggal 20 hingga 30 Mei 2018. Info lebih lanjut bisa dilihat di sini.