keterampilan menggunting dan menempel anak

Ini Alasan Penting Dibalik Aktivitas Menggunting dan Menempel Untuk Anak

Aktivitas menggunting dan menempel kertas bisa membuat anak-anak sibuk. Ajak anak bunda, dengan kegiatan kreatif ini. Aktivitas seru yang bisa membuat mereka belajar diam dan fokus. Sementara letakkan gadget, rasakan serunya permainan gunting dan tempel.

Selain menggambar dan mewarnai, aktivitas menggunting dan menempel merupakan kegiatan penting mengembangkan syaraf motoris halus untuk buah hati. Usia tiga hingga empat tahun dapat mulai dikenalkan kegiatan menggunting dan memotong kertas.

Ya, bunda tidak perlu takut memulainya. Pastikan gunting yang digunakan tumpul. Tidak perlu khawatir karena saat ini banyak gunting khusus untuk anak yang terbuat dari plastik dan aman.

Perkembangan Fisik: Keterampilan Motorik Halus

Anggota tubuh seperti tangan dan jari biasanya digunakan untuk melakukan keterampilan motorik halus. Untuk gerakan yang lebih kecil dan lebih tepat. Misalnya belajar memegang sendok untuk makan, memegang krayon untuk mewarnai, menulis, dan menggunting.

Aktivitas menggunting dan menempel tidak saja melibatkan kecermatan mata dan koordinasi dengan mata. Otak pun berperan penting melakukan perintah ini. Koneksivitas antara otak dan tangan dihubungkan dengan jaringan syaraf. Istilahnya mengembangkan “motorik halus” anak-anak.

Mungkin ini sebuah hal baru untuk anak. Tidak ada salahnya orang tua memberikan beberapa contoh mengembangkan aktivitas menggunting dan menempel ini. Mulai dengan obyek-obyek gambar berwarna yang disukai anak-anak. Misalnya menggunting bentuk gambar es krim, bola, ayam, kelinci, dan lainnya. Ya, dengan memberikan contoh langsung, anak bisa melihat dan belajar.

 

pola gambar bebek untuk digunting

 

Manfaat Menggunting dan Menempel

Keterampilan menggunting bentuk gambar, melatih anak untuk bersabar dan belajar fokus. Dilihat dari sisi pengembangan fisik, keterampilan ini bermanfaat penting pengembangan motorik halus. Aktivitas menggunting dan menempel juga bertujuan melatih kemampuan motorik, koordinasi tangan dan mata, serta konsentrasi bagi anak.

Lakukan dengan Gambar Bertema

Anak-anak kecenderungan bosan. Cara mengatasinya bunda bisa menggunakan tema yang beragam dan terjadwal. Misalnya dalam dua minggu buat jadwal khusus untuk melakukan bermain menggunting dan menempel. Nah, agar tidak membosankan berikan tema-tema yang berbeda. Gambar atau obyek untuk menggunting usaha selalu baru. Untuk material gambar, orang tua dapat mencari di internet atau menggunakan buku.

 

stiker ikan cikalaksara

 

Bunda dapat meminta anak-anak untuk memotong bagian per bagian, lalu kemudian merekatkannya untuk keterampilan latihan menggunting dan menempel.

Baca Juga : Tip Mengajari Anak Menggunting Kertas/Stiker

Sebagai buku rujukan aktivitas menggunting dan menempel, bunda bisa menemukan dalam terbitan terbaru buku Cikal Aksara “Asyik Menempel Stiker dan Hewan Peliharaan”. Buku untuk memberikan edukasi tentang faedah aktivitas ini disertai dengan media latihannya. Kelebihan buku ini, juga dilengkapi ajakan untuk mewarnai gambar.

buku asyik menempel stikerKeterampilan mewarnai adalah salah satu aktivitas untuk melatih kemampuan motorik, konsentrasi, dan melatih membedakan warna. Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, domba, bebek, dan ikan, menjadi objek yang akan diwarnai dalam buku ini.

Bagian yang tak kalah asyik dan seru, selain mewarnai dalam buku ini adalah menggunting dan menempel stiker. Dengan bentuk dan pola sesuai sudah disediakan anak-anak bisa mengikuti aktivitas menggunting dan menempel ilustrasi yang menarik, lucu, dan penuh warna akan membuat anak merasa senang melakukan berbagai aktivitas pada buku ini.

Yuk, ajak putra-putri dan anak-anak tetangga untuk melakukan aktivitas ini. Sibukkan mereka dengan aktivitas seru ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto: shutterstock (anak menggunting kertas)

 

 

Share your thoughts