365-Aktivitas-Anak-Pintar

Ini Dia Manfaat Aktivitas Game Mencari Perbedaan Gambar

Belajar ketelitian bisa diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu permainan yang sering dihadirkan dalam majalah dan buku untuk anak adalah game mencari perbedaan pada gambar yang nyaris sama. Salah satu tujuan permainan ini agar mata anak lebih jeli dan sabar menemukan perbedaan-perbedaan pada kedua gambar tersebut.

Selain pada buku dan majalah, aktivitas game menemukan perbedaan banyak dijumpai dalam aplikasi game Android dan IOS. Contohnya antara lain, What’s Different, What Diff? Find It, dan banyak lagi. Game tersebut yang biasa dimainkan dalam perangkat gerak di atas layar sentuh.

Baca Juga:

Game menemukan perbedaan adalah game edukasi. Tidak kalah seru dan asyik game ini dimainkan di atas cetakan kertas, sembari anak mencoret-coret bagian yang tidak sama. Nah, sebelum mengunduh file game perbedaan, berikut manfaat bermain game menemukan perbedaan gambar.

 

Manfaat Game Mencari Perbedaan

  • Mengasah Otak Kanan

Seperti kita ketahui otak kanan berfungsi untuk mengasah kreativitas, daya imajinasi, dan daya visualisasi. Dalam game mencari perbedaan yang divisualisasikan melalui gambar tentu daya otak kanan akan digerakan.

  • Membuat Anak lebih Peka

Dalam kenyataan banyak hal yang serupa tetapi tidak sama. Melalui game mencari perbedaan, anak dilatih untuk lebih peka menemukan suatu perbedaan-perbedaan.

  • Tes Kesabaran Anak

Barangkali tidak semua anak suka dengan game ini. Sebab menemukan poin-poin perbedaan dalam gambar yang hampir sama membutuhkan kesabaran. Apakah anak bisa sabar melakukan hal ini? Silakan dibuktikan langsung.

  • Mengasah Kecepatan Melihat

Saat menemukan satu poin perbedaan, barangkali buah hati Anda tergerak untuk menemukan perbedaan lain. Berikan semangat, untuk mencoba menemukan perbedaan lain. Barangkali selain peka, mata buah hati bunda bisa cepat menemukan.

  • Mengajak Belajar Ketelitian

Mengajarkan ketelitian bisa dilakukan sejak anak usia dini. Salah satunya melalui game menemukan perbedaan, anak bisa diajak belajar ketelitian sembari bermain. Belajar ketelitian akan bermanfaat ketika anak menghadapi soal-soal ujian sekolah hingga kelak mereka dewasa akan lebih kritis terhadap segala sesuatu.

Contoh laman game spot the differences (menemukan perbedaan) bisa di-download di sini. Game edukatif ini merupakan bagian dari aktivitas belajar dan bermain yang diambil dari buku “365 Aktivitas Anak Pintar”. Dalam buku yang diterbitkan oleh Cikal Aksara ini, bunda bisa mengajak bermain sembari belajar, learning by doing, dan learning by stimulating mengenal banyak hal seperti:

  • Mengenal buah, sayur, bunga, alat musik, alat transportasi, profesi, dan hobi.
  • Mengenal anggota tubuh, waktu, benda, hewan, dinosaurus, dunia, dan luar angkasa.
  • Menebalkan huruf, angka, kata, dan gambar serta menuliskannya kembali.
  • Menggunting sesuai pola dan latihan menempelkannya kembali.elajar membaca suatu kata dan kalimat dengan bantuan ilustrasi dan gambar.
  • Belajar berhitung angka secara bertahap dengan gambar.
  • Belajar membandingkan dan membedakan ukuran, jumlah,  bentuk, dan warna.

365 Aktivitas Anak PintarBuku anak ini cocok untuk usia 4 sampai 7 tahun dan bisa ditemukan di toko buku terdekat di toko bunda, seperti Gramedia dan Toko Buku Gunung Agung.

 

 

 

 

Share your thoughts