menggunting dan menempel

Ini Manfaatnya Aktivitas Seru dan Asyik, Menggunting dan Menempel untuk Anak

Tahukah Bunda, ada dua aktivitas dasar yang menarik untuk dikenalkan pada anak-anak usia taman kanak-kanak selain mewarnai dan menggambar. Ya, aktivitas ini adalah menggunting dan menempel. Manfaatnya untuk melatih dan menstimulasi motorik halus anak.

Anak Bunda belum bisa menggunting? Tenang, ada tahapannya. Mulailah mengajari anak dengan menggunting pola kotak yang pendek, hingga kertas tergunting langsung. Pengalaman pertama menggunting kertas akan menjadikan anak-anak kagum pada aktivitas ini.

Keterampilan menggunting dan menempel sesuai pola ini bertujuan untuk melatih koordinasi mata, tangan, daya konsentrasi, dan kesabaran. Tidak perlu berlama-lama jika ingin mengenalkan latihan ini. Cukup luangkan waktu untuk aktivitas ini, maksimum lima menit. Fokus pada satu pola sederhana, seperti bentuk kotak, bulatan, atau segitiga.

Keterampilan menggunting yang utama bisa dilatih dengan memberikan pola-pola dari sederhana seperti garis lurus putus-putus, hingga garis zig-zag, putus-putus, atau bahkan melengkung.

Manfaat lain selain membangun kemampuan motorik halus, otot tangan dan jemari anak akan terlatih juga. Latihlah aktivitas menggunting agar kekuatan otot tangan mereka turut berkembang.

Mulailah dari bahan kertas tipis yang mudah digunting. Untuk keamanan gunakan gunting khusus untuk anak-anak. Tentu, dampingilah mereka saat berlatih menggunting kertas.

Ini yang penting! aktivitas menggunting dan menempel stiker bisa menjadi media mengalih perhatian anak-anak pada gadget. Ya, bunda, biar anak-anak tidak melulu menatap layar ponsel. Saatnya mata dan tangan mereka dialihkan kepada kegiatan positif. Yuk, Bunda tidak ada salahnya mencoba mereka menemukan keasyikan baru pada hal seru ini.

Untuk polanya buatlah yang sederhana. Bunda bisa memanfaatkan bentuk-bentuk dasar dari kotak, persegi panjang, segitiga, garis kurva, hingga bulatan. Nah, sebagai referensi penerbit Cikal Aksara menerbitkan dua buku seputar tema menggunting dan menempel. Dua judul buku ini adalah Asyik Menempel Stiker Alat Transportasi, dan Asyik Menempel Stiker Benda di Sekitar Kita.

gunting tempel gunting tempel

Keunggulan dalam buku yang diterbitkan oleh Cikal Aksara ini adalah:

  • Pada buku seri Benda di Sekitar Kita berisi 12 ilustrasi berbagai ruangan yang ada di rumah kita, seperti ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dapur, dan taman.
  • Pada buku seri Alat Transportasi ada 12 kendaraan darat, laut, dan udara seperti sepeda, mobil, pemadam kebakaran, pesawat, kapal laut, dan kendaraan alat berat.
  • Aktivitas dalam buku ini meliputi mewarnai, menggunting stiker, dan menempel stiker di tempat yang telah disediakan.
  • Manfaat buku stiker untuk anak adalah sebagai media latihan motorik dan sensorik anak, logika anak, serta mengkoordinasikan indera mata dengan tangan dan kreativitasnya.
  • Penempatan stiker setiap 2 halaman sesuai dengan posisi benda dan alat transportasi yang akan ditempel, sehingga memudahkan anak mencari padanan stikernya. Jadi, kumpulan stiker tidak ditempatkan di akhir halaman.
  • Setiap halaman pada buku seri Asyik Menempel Stiker penuh warna (full color) sehingga terlihat menarik.

Agar anak fokus, singkirkan benda-benda lain di sekitar anak. Hanya ada buku dan gunting. Coba saja Bun, dampingi anak di rumah mengerjakan proyek menggunting dan menempel stiker di atas kertas pada buku ini. Have fun!

 

 

 

foto: shutterstock.com

Share your thoughts