100ilmuwanpenemuterpopulerdidunia

Lebih Dekat dengan Para Ilmuan di Seluruh Dunia

Kamu tentu tidak asing dengan nama yang satu ini, Albert Einstein (14 Maret 1879 – 18 April 1955). Ilmuan jenius terpopuler abad 20 ini terkenal dengan rumus E=mc2. Rumus ini menjelaskan jumlah maksimum energi yang dapat diperoleh dari suatu objek untuk melakukan kerja aktif.

Penemuan ini menjadi dasar ditemukannya salah satu temuan terbesar abad 20, yaitu tenaga nuklir. Tokoh yang berdarah Yahudi ini dilahirkan di Ulm, Wurttemberg, Jerman. Karena peran besarnya dalam ilmu Fisika, ia meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisika pada tahun 1921. Namanya juga diabadikan sebagai nama asteroid (2001 Einstein), satuan dalam fotokimia (einstein), dan satuan unsur kimia (einsteinium).

Tidak hanya Einstein, Thomas Alva Edison (11 Februari 1847 – 18 Oktober 1931) namanya pun cukup dikenal oleh masyarakat. Ilmuan asal Amerika Serikat ini merupakan penemu paling produktif. Ia sudah belajar kelistrikan sejak usia belasan tahun. Pada usia 21 tahun, ia sukses mematenkan sebuah mesin telegraf hasil pengembangan dari telegraf sebelumnya yang pernah ditemukan oleh Samuel FB Morse.

Selanjutnya, ia dianggap sebagai penemu terbesar sepanjang sejarah karena telah berhasil menemukan sekitar 1.093 temuan yang semuanya sudah ia patenkan. Beberapa hasil temuannya yang paling dikenal adalah bola lampu pijar, gramafon, dan kamera film. Selain itu, ia juga menemukan sistem untuk memproduksi temuannya secara massal. Edison bekerja keras di laboratoriumnya setiap hari. Ia hanya tidur 4 jam setiap harinya. Pantas jika ia berkata, “Kejeniusan adalah 99% kerja keras”.

Einstein dan Edison hanyalah dua di antara sekian banyak ilmuan yang bisa kamu jadikan panutan. Masih banyak ilmuan lain yang tak kalah hebatnya. Buku 100 Ilmuan & Penemu Terpopuler di Dunia yang ditulis oleh Tim Sunrise Picture ini merupakan bacaan yang tepat bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan para ilmuan dunia.

Buku yang diterbitkan oleh Cikal Aksara ini berisi tokoh-tokoh jenius yang berhasil mengubah dunia dengan pikiran dan karyanya yang luar biasa.

Share your thoughts