contoh permainan maze game

Manfaat Aktivitas Permainan Edukatif, Maze dan Puzzle

Ada banyak cara kreatif untuk membersamai anak bermain sembari belajar menggunakan dua permainan ini. Maze dan puzzle merupakan permainan edukatif yang sudah lama dikembangkan. Banyak diaplikasikan juga untuk anak-anak pada usia bawah lima tahun.

Khusus untuk maze dalam kehidupan nyata digunakan dalam taman labirin. Labirin menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tempat yang penuh dengan jalan dan lorong yang berliku-liku dan simpang siur. Pemain ditantang untuk bisa keluar dari taman. Tentu saja banyak jalan buntu yang terkadang bisa membuat khawatir, bingung, serta penuh jebakan. Bagaimana pun mereka harus berupaya bisa menemukan jalan keluar. 

Baik maze game maupun puzzle dalam dunia anak-anak tidak sekadar sebagai materi permainan pengisi waktu luang. Yuk, Bun, kita simak ulasan berikut.

 

Apa Itu Maze Game?

Permainan edukatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, yaitu maze atau biasa juga dikenal dengan labirin. Permainan ini mengajarkan dan melatih anak belajar memecahkan masalah, mengasah ketelitian, melatih kesabaran, dan keuletan. 

Maze game dirancang agar pemain melihat, berpikir, dan melakukan aksi agar bisa mencoba-coba menemukan tujuannya. Misalnya, bagaimana cara menemukan gambar harta karun di seberang pintu masuk, sementara ada banyak jalan buntu dan rintangan yang ada. Karena mengasyikkan dan menantang, permainan Maze bisa membuat anak-anak melupakan gawai atau gadget untuk sementara waktu.

Maze game selain hadir dalam bentuk aplikasi game dan taman labirin, Maze juga seringkali ditemukan dalam lembaran buku anak dan poster secara khusus. Biasanya sebagai bonus. 

 

Manfaat Penting Bermain Maze Game

Permainan yang mengasyikan dan menyenangkan ini bukan tanpa alasan. Ada tujuh faktor bagus yang bisa mendorong kemampuan dan tumbuh kembang anak.

 

Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Permainan maze meningkatkan keterampilan kognitif seperti berpikir, membangun argumen, dan mengingat. Melalui aktivitas permainan ini, otak anak akan terstimulasi untuk melakukan hal-hal tersebut. Selain itu, bermain maze sejatinya akan menambah daya fokus dan berlatih konsentrasi pada level selanjutnya. 

 

Mengembangkan Motorik Halus pada Anak

Aktivitas permainan maze sangat menarik dan penuh tantangan. Salah satunya menstimulus tangan anak untuk bermain pensil untuk menggambar dan mengikuti alur jalan dalam labirin. Langkah ini akan membantu mengembangkan motorik halus anak balita. Seiring waktu, aktivitas ini akan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan menggambar dan menulis di atas kertas dan buku tulis. 

 

Meningkatkan Daya Visual Penglihatan

Daya visual atau penglihatan anak bisa dilatih dengan cara bemain maze. Di sini unsur ketelitian mata dan kejelian melihat peta dalam permainan maze akan diuji. Anak melihat maze game dari atas, sekaligus dirangsang untuk menunjuk, membuat garis dengan panduan mata dan tangannya, agar mereka menemukan goal permainan ini. 

 

Mengasah Koordinasi Mata dan Tangan

Ini yang penting, terkait kemampuan mengasah motorik halus, koordinasi mata dan tangan diperlukan saat membuat garis lengkung, lurus, belok, hingga tujuannya tercapai. Poin ini akan menjadi bekal anak saat belajar menggambar dan menulis.

 

Memancing Anak untuk Menemukan Cara Efektif

Belajar menemukan cara yang efektif untuk sampai ke tujuan, tentu saja dengan banyak mencoba permainan maze. Semakin banyak pengalaman melihat visual maze dari atas kemungkinan mata anak semakin jeli. 

 

Melatih Kesabaran

Karena banyak rintangan dan banyak jebakan dalam maze game. Anak pun dilatih untuk mengendalikan diri dan emosi, agar lebih sabar dalam menemukan goal dan keluar dari aneka ‘labirin’ dalam permainan.

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak

Ketika goal dalam permainan tercapai, anak-anak tidak saja lega dan senang, Kepercayaan diri pun akan tumbuh seiring banyak mencoba permainan ini.

 

Puzzle Game

365 Aktivitas Maze Game Puzzle

 

Puzzle atau teka-teki merupakan permainan menyusun gambar secara utuh dari terpotong-potong gambar sesuai pola yang dibuat. Permainan ini bagus untuk anak, karena dapat melatih dan meningkatkan memori, melatih berpikir, merangsang perkembangan saraf motorik, serta menstimulasi anak untuk bersosialiasi.

Lewat puzzle game, menurut situs web, membuat anak belajar belajar bertanggung jawab dan terbiasa dalam pembangun kreativitas.

Miliki dan koleksi buku berisi materi membaca, menulis, dan berhitung untuk anak yang  disajikan dalam bentuk permainan maze dan puzzle, lengkap dengan ilustrasi menarik. Ikuti pre-ordernya melalui link ini.

 

365 Aktivitas Maze Game

 

 

Share your thoughts