perbedaan anak cerdas dan anak pintar

Media Belajar Untuk Membersamai Anak Pada Usia Keemasannya : Seri 365 Aktivitas Anak Cerdas & Anak Pintar

Golden age atau bisa disebut juga dengan usia keemasan adalah suatu masa yang dialami oleh setiap manusia dimulai pada usia 0 hingga 5 tahun. Pada periode ini, otak bertumbuh secara maksimal, serta banyak tahapan yang terjadi pada anak. Salah satu tahapan tersebut adalah perkembangan motorik halusnya.

Motorik halus merupakan suatu keterampilan yang melibatkan koordinasi gerakan otot-otot kecil, tangan, serta mata. Contoh dari kegiatan dari motorik halus adalah menggambar, menulis, mewarnai, melipat kertas, mengancingkan baju, menggunakan sendok-garpu, dan masih banyak lagi. 

Berkaitan dengan usia keemasan atau golden age, tentu saja dukungan orangtua sangat diperlukan agar tumbuh kembang anak pada masa ini menjadi maksimal, seperti membersamai ragam aktivitas dan memberikan media belajar untuk anak yang tepat.

Agar tidak kehabisan ide dalam menyusun aktivitas rutin anak-anak, dua buku Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Cerdas dan Anak Pintar dapat menjadi pilihan media buku yang bisa dimiliki.  Media buku yang dibuat dengan konsep bermain sambil belajar ini sangat tepat untuk orangtua yang ingin membersamai tumbuh kembang anak pada masa golden age

 

artikel aktivitas anak

 

Spesifikasi Umum Kedua Buku

 

Kedua buku ini memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 21 X 27 cm, sehingga anak bisa leluasa mengerjakan semua aktivitas dalam buku dan terlihat visual gambar serta ilustrasi dengan ukuran yang besar pula sehingga lebih menarik minat anak. Isi aktivitas pada buku ini telah disusun dengan menyesuaikan kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi, memberikan pembelajaran, dan pengenalan sesuai usia keemasan. 

 

Gambar-Artikel-03-(1)

 

Ditujukan untuk anak usia 4—7 tahun, kedua buku ini memiliki 365 soal dan aktivitas yang menyajikan variasi tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari serta ragam permainan yang menarik minat anak untuk beraktivitas dengan kedua buku tersebut. Rata-rata dalam satu halaman, terdapat 1—2 aktivitas. Ada pula aktivitas seperti mewarnai gambar yang disajikan secara spread atau dua halaman sekaligus sehingga anak lebih leluasa saat mewarnai gambarnya.

 

Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Cerdas

 

buku aktivitas anak cerdas

 

Buku ini merupakan seri pertama sebagai tahap awal dan pengenalan buku Smart Big Book kepada anak. Berisi 208 halaman secara keseluruhan, Smart Big Book 365 Aktivitas Cerdas menyajikan variasi tema dan permainan dalam setiap aktivitasnya. Sebagai contoh, pada halaman tujuh, dengan tema hewan jinak, terdapat aktivitas mewarnai dan menebalkan huruf. 

Kedua aktivitas tersebut bermanfaat untuk melatih motorik halus anak. 

 

Selain itu, aktivitas mewarnai juga bagus untuk melatih daya kreativitas anak. Kemudian pada halaman 86 dan 87, dengan tema hewan menakjubkan, terdapat aktivitas menebalkan gambar dan huruf, serta dilengkapi dengan informasi menarik mengenai hewan-hewan, yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. 

 

Selanjutnya, pada halaman 14, dengan tema mengenal dunia, terdapat aktivitas puzzle yang bermanfaat untuk melatih anak dalam memecahkan masalah. Masih banyak keseruan lainnya dengan beragam tema yang disajikan dalam buku ini. Dan tentu saja setiap aktivitas tersebut bermanfaat untuk perkembangan otak anak. 

 

aktivitas anak

 

Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar 

 

buku aktivitas anak pintar

 

Buku 365 Aktivitas Anak Pintar ini memiliki ketebalan yang sama, yaitu 208 halaman. Buku ini merupakan seri kedua dan tahap lanjutan dari buku sebelumnya, Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Cerdas. Buku Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar disusun dengan aneka soal dan aktivitas yang dibalut dengan permainan-permainan seru. Tujuannya, selain untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih asyik, juga untuk menstimulasi perkembangan otak anak. 

 

Sebagai contoh, pada halaman 44, terdapat permainan Maze Games dengan soal cerita. Manfaatnya adalah untuk mengasah otak anak agar kreatif, jeli, dan teliti dalam “mencari jalan” atau memecahkan masalah. 

 

Selanjutnya, pada halaman 32, disuguhkan permainan spot the differences. Anak diajak untuk mencari sejumlah perbedaan pada dua gambar. Permainan ini tampak sederhana, tetapi mengandung manfaat yang baik, yaitu merangsang ketelitian pada anak. Pada halaman 140 dan 141, terdapat aktivitas menemple objek di mana anak bisa menggunting objeknya pada halaman tertentu sesuai petunjuk. 

 

Tentu saja aktivitas ini berguna untuk menstimulasi koordinasi tangan dan mata dan ketelitian anak. Selain aktivitas dan permainan yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat aktivitas dan permainan lain dengan tema yang dekat dengan kehidupan anak-anak. 

 

aktivitas anak

 

Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan bukunya?

 

Untuk orangtua yang ingin mendapatkan kedua buku tersebut untuk buah hatinya, bisa menghubungi toko buku online dan para reseller buku Cikal Aksara. Atau, bisa juga didapatkan langsung di online shop Cikal Aksara, yaitu https://shopee.co.id/cikalaksara. 

 

Selamat Membersamai Tumbung Kembang Anak!

 

Salam Literasi!

 

Button-Shopee

 

Share your thoughts