fun coloring cikal aksara

Meluangkan Waktu Bersama Anak, Belajar Mewarnai dan Bermain Board Game Seru

Ada tiga alasan penting bagi anak-anak agar belajar mewarnai. Seperti alasan membangun kemampuan kognitif, kemampuan psikis, dan daya motorik anak. Lebih utama, anak akan lebih percaya diri dan relatif happy ketika mereka dewasa nanti. Demikian ditulis dalam situs website colorspsychology.org.

Orangtua bisa ikut memandu dan memberikan contoh cara mewarnai. Karena mewarnai bagi orangtua sendiri nyatanya bisa melepaskan stres dan menjeda rutinitas.

Aktivitas mewarnai banyak dikenalkan untuk anak-anak sebelum mereka belajar menggambar. Dengan mewarnai mereka akan banyak berlatih menggores warna dan berkreasi dengan warna-warna yang mereka sukai. Salah satu tujuannya melatih syaraf motorik anak dan melatih fokus serta daya konsentrasi.

Belajar mewarnai adalah bagian dari mengasah kesabaran. Selain itu, aktivitas mewarnai nantinya berdampak pada kemampuan belajar yang lain, seperti belajar menulis dan berkreasi.

Tema mewarnai menjadi salah satu tema buku anak yang rutin dan sering dibuat oleh penerbit buku anak. Pada pertengahan tahun 2019 ini, Penerbit Cikal Aksara menerbitkan beberapa tema buku mewarnai, seperti mewarnai robot, mewarnai kota, dan mewarnai hewan. Ketiga tema tersebut bisa menjadi bagian alat pembelajaran mewarnai.

Kegiatan mewarnai dapat memberikan sumbangan penting kepada anak-anak taman kanak-kanak dalam belajar menulis dengan tangan. Belajar koordinasi mata dan tangan. Yang jelas kegiatan rutin mewarnai bagus membangun motorik gerak. Bisa mengalihkan kegiatan mereka yang melulu bermain gadget.

 

Referensi Aktivitas Mewarnai

Sebagai referensi buku mewarnai, tema fun coloring yang baru dirilis Cikal Aksara bisa dijadikan teman belajar untuk buah hati bunda di rumah. Buku ini terdiri dari tiga buku bertema seru: “Mewarnai Robot”, “Mewarnai Kota”, dan “Mewarnai Hewan.” Tujuan aktivitas dalam buku mewarnai yang ditujukan untuk anak usia 4 hingga 8 tahun ini untuk berkreasi dan aktivitas mengasah kemampuan anak.

Kesamaan ketiga buku fun coloring tersebut, berisi berbagai permainan menemukan perbedaan, menebalkan gambar, maze game, dan berbonus board game.

Misalnya, dalam buku “Mewarnai Kota”, anak-anak dikenalkan kepada lingkungan yang ada di sekitar kota, seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat rekreasi. Aktivitasnya mewarnai tempat-tempat tersebut. Permainan menemukan perbedaan gambar, maze, dan latihan menulis.

Sementara dalam buku Mewarnai Robot, anak-anak akan diajak berkreasi mewarnai robot super dan berjumpa berbagai macam kendaraan. Tentu saja ada kuis dan tantangan menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan gambar.

Nah, buku ketiga, “Mewarnai Hewan”, bertujuan mengenalkan anak-anak pada hewan liar, hewan air, hewan kutub, dan hewan gurun.

 

fun coloring mewarnai
Buku Fun Coloring, Mewarnai Robot, Hewan, dan Kota

 

Board Games Kota, Kendaraan, dan Hewan

Setelah disibukkan dengan aktivitas seru mewarnai dan menulis, dalam buku fun coloring akan ditemukan lipatan poster besar, board game.

Dalam ketiga buku tersebut terdapat bonus board game berukuran A3. Berbentuk poster dengan gambar berwarna sesuai tema. Board game ini berisi permainan menebak tempat, kendaraan, dan hewan. Aktivitas ini juga mendorong anak untuk belajar menggunting dan menempel.

Adanya board game ini bertujuan untuk mengasah dan menambah wawasan anak-anak pada karakter dan nama-nama hewan yang ada di hutan, nama-nama alat transportasi, dan nama-nama hewan, baik hewan liar maupun hewan jinak.

Misalnya dalam buku Mewarnai Hewan, board game dapat dimainkan dengan cara menebak berbagai hewan berlatar hutan tempat mereka tinggal.

Yuk Bunda, tunggu apalagi? Mari luangkan waktu bersama anak, belajar mewarnai dengan buku seri Fun Coloring dari Cikal Aksara. Buku ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia, Gunung Agung, dan toko buku online di Indonesia.

 

 

 

Foto pensil warna: Markus Spiske on Unsplash

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share your thoughts