bunga-biru

Membuat Bunga dari Kain Perca

Bunga-bungaPerca atau kain sisa masih bisa disulap menjadi sesuatu yang cantik dan tentunya bermanfaat. Salah satunya bunga-bunga cantik seperti ini. Bunga-bunga ini sangat cocok untuk membuat aneka assesoris, seperti bros, bando, kalung. Bisa juga untuk menghias tas, sarung bantal kursi, hiasan dinding, atau apa pun.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan membagikan cara membuat salah satu bentuk bunga. Tidak membutuhkan alat macam-macam dan bahannya sangat sederhana. Yuk, kita simak saja langkah-langkahnya! 

Step-1 Siapkan 5 helai kain berbentuk bujur sangkar dan 1 buah kancing.
Step-2 Lipat masing-masing kain seperti gambar, semat dengan jarum pentul agar posisi tidak bergeser.
Step-3 Step-4 Jelujur sisi luar lipatan kain, teruskan dengan lipatan kain lainnya agar membentuk lingkaran kelopak bunga, dan kuatkan jahitan.
Step-5 Tambahkan kancing di bagian tengah supaya bunga lebih cantik.

Benar-benar mudah, kan? Anda pasti jadi penasaran juga dengan cara membuat bentuk bunga yang lain. Tenang saja, Bimbi Fitria Kusuma, salah satu crafter kenamaan di Jakarta, sudah menjelaskan secara jelas di dalam buku karyanya yang berjudul “Membuat Bunga Kain dan Aplikasi Perca” terbitan Cikal Aksara.  Semua langkah pembuatan dilengkapi dengan foto sehingga pasti sangat mudah untuk diikuti. Seluruhnya ada 11 bentuk bunga kain yang cantik-cantik, plus contoh desain aplikasinya pada berbagai media.  

Share your thoughts