birthday-card

Membuat Prakarya SD: “Birthday Invitation Card”

prakarya-sdSalah satu prakarya yang bisa kamu buat sendiri adalah birthday invitation card atau kartu undangan ulang tahun. Meski sederhana dan dibuat setahun sekali, tidak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri sesuai tema yang diinginkan.

Nah, berikut ini adalah contoh membuat birthday invitation card yang bisa kamu praktikkan sendiri dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana.

Alat dan bahan
•    Kertas karton putih
•    Spidol warna-warni
•    Benang wol warna-warni
•    Lem kertas

Cara membuat
1.    Gunting kertas karton putih berukuran 20 x 15 cm. Lipat kertas ke arah samping tepat di tengah-tengah sisi panjang.
2.    Letakkan kartu secara vertikal. Gambar empat balon dengan talinya mengunakan pensil.
3.    Tebalkan lingkaran balon menggunakan spidol, masing-masing dengan warna berbeda.
4.    Penuhi setiap lingkaran balon dengan titik-titik spidol sesuai dengan warna lingkaran balon.
5.    Gunting benang wol sebanyak empat buah, masing-masing sepanjang gambar tali balon. Tempelkan ke gambar tali balon menggunakan lem.
6.    Gunting benang wol warna lain sepanjang 10 cm, ikat menjadi pita dan tempel di pertemuan tali balon.
7.    Tulis Birthday Invitation di bagian atas balon. Lalu, tulis keterangan acara di bagian dalam kartu.

Tip
Untuk memudahkan melipat kertas karton, buat guratan pada sumbu lipat kertas karton menggunakan benda keras seperti ujung gunting. Gunakan penggaris saat membuat guratan sehingga lipatan menjadi lurus.

Setelah kamu mencoba membuat birthday invitation card-mu sendiri dan kamu tertarik untuk membuat prakarya lain, Cikal Aksara menerbitkan buku Inspirasi Prakarya untuk SD yang ditulis oleh Dini Kurnianing.

Buku ini menampilkan 20 jenis prakarya SD yang bisa dibuat dari bahan kancing, stik es krim, clay, kain, foam, kertas, kaus kaki, benang, payung, dan sepatu. Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan buku dan foto step by step masing-masing prakarya, tentunya kamu akan lebih mudah untuk membuatnya.

Jangan ragu untuk membuat prakarya-prakarya lain berdasarkan ide kreatifmu sendiri dan jadikan buku yang kamu pegang ini sebagai panduan untuk mengembangkan kreativitasmu.

Selamat mencoba!

Share your thoughts