selamat hari dongeng nasional

Peringatan Hari Dongeng Nasional. Kebiasaan Membacakan Dongeng Sebagai Tradisi Penting dari Tumbuh Kembang Anak

“Jika ingin anak Anda pintar, ceritakan pada mereka.

Jika ingin mereka menjadi brilian, ceritakan lebih banyak cerita.”

~ Albert Einstein

Selain bisa menjadi pengantar yang baik untuk keterampilan membaca dan menulis, mendongeng dikenal sebagai bentuk pengajaran tertua di dunia. Sebelum tradisi tulis muncul, tradisi lisan dalam menceritakan sesuatu dilakukan secara turun temurun menjadi bagian penting dan dominan dalam keseharian. Tradisi mendongeng berperan dalam menyampaikan sebuah kisah, peristiwa sejarah, pesan moral, hingga legenda serta mitologi.

Tujuan rutin kebiasaan membacakan dongeng untuk anak bukan sekadar pengisi waktu luang atau waktu untuk pengantar tidur. Melalui dongeng anak-anak bisa mengembangkan imajinasi, belajar mendengarkan, mengasah kepekaan, dan menambah kosakata baru, serta belajar menangkap pesan moral, serta belajar berempati dan berhati-hati dalam melangkah.

Mendongeng merupakan aktivitas bercerita menggunakan suara, bisa dengan cara membacakan atau langsung lewat lisan dari si pendongeng. Kebiasaan mendongeng pun terbukti penting dan diakui di dunia pendidikan anak dan parenting, bertujuan menanamkan tumbuh kembang kehidupan anak-anak ke arah yang positif.

Manfaat Dongeng Bagi Anak-anak

Berkaitan dengan Tumbuh Kembang Anak

Menurut Seto Mulyadi (Kak Seto), Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, seperti yang dilansir antaranews.com, mendongeng dapat mengaktifkan pusat emosi di otak anak dan melatih fokus perhatian mereka. Mendongeng juga mampu melatih anak-anak berpikir secara terstruktur. Masih di situs web tersebut, hubungan fisik dan emosional ibu dan anak pun tercipta. Kak Seto menambahkan kebiasaan mendongeng berpengaruh pada perilaku ketika kelak anak tumbuh dewasa.

Mengenalkan Warisan Dongeng dari Berbagai Wilayah dan Negara

Aktivitas mendongeng ada yang menyebut sebagai bagian dari tradisi lisan bercerita. Namun, ada pula yang menggolongkan sebagai tradisi lisan dan tulis, sebab tidak sedikit para pendongeng yang membutuhkan bahan bercerita dari buku-buku dongeng. Terkadang para pendongeng membutuhkan ilustrasi visual dari buku untuk menunjukkan penggambaran dan keseruan isi cerita.

Banyak dongeng tersebar di Nusantara yang bisa dibacakan setiap hari untuk anak-anak. Sepertinya tidak akan habis karena setiap wilayah di Indonesia memiliki cerita unik dan asyik untuk disampaikan kepada anak-anak. Dari dongeng anonim hingga dongeng-dongeng yang dikisahkan ulang oleh para penulis terkenal.

Anak-anak bisa mengenal aneka warisan kisah dongeng dari berbagai wilayah Indonesia dan manca negara.

Belajar Membangun Imajinasi Anak

Betulkah dongeng bisa membantu anak mengembangkan daya imajinasi? Daya imajinasi anak bisa berkembang ketika anak-anak terbiasa mendengarkan aneka dongeng. Didorong rasa penasaran dan keingintahuan, anak-anak akan lebih mudah berimajinasi, misalnya tentang keajaiban-keajaiban yang tidak ditemukan di alam nyata tentang perilaku binatang yang bisa berbicara, tentang putri dan peri dalam istana, manusia yang memiliki kekuatan luar biasa, dan masih banyak lagi. Hal ini akan menghidupkan otak anak-anak dalam membayangkan dan lebih kreatif.

Membangun Rasa Ingin Tahu dan Takjub Pada Kehidupan

Lewat dongeng, anak bisa belajar rasa ingin tahu, rasa penasaran, mencari jawaban, dan sabar mengikuti kisah yang disampaikan Bundanya. Rasa ingin tahu merupakan salah satu bagian penting dari proses belajar mencari jawaban dari sebuah persoalan kehidupan.

Selain itu, anak juga akan berjumpa dan mendengarkan kisah-kisah yang membuat ia kagum dan takjub kepada lingkungan dan alam ciptaan Tuhan. Karena itu, saat pertama kali Bunda mencoba membacakan dongeng, upayakan kisahnya menarik yang membuat mata anak terbelalak dan mereka terpaku mendengarkan hingga kisah berakhir.

Keterampilan Mendengarkan dan Mengingat

Belajar mendengarkan sejak dini, adalah salah satu nilai positif mendongeng. Di sini anak bisa belajar fokus untuk mendengarkan dan mengingat alur cerita serta tokoh-tokoh menarik di dalam cerita.

Menangkap Pesan Moral

Inilah keunggulan dari dongeng, menyampaikan sesuatu tanpa berusaha menggurui anak-anak. Mendapatkan pesan moral dari kisah dan tokoh yang ada dalam cerita atau dongeng. Anak-anak bisa belajar, rasa percaya diri, belajar keberanian, kejujuran, tanggung jawab, rasa empati, dan hal-hal lain bisa dijumpai di dalam buku-buku dongeng.

Mendongeng merupakan cara yang paling halus untuk menyampaikan pesan moral perilaku kebaikan, sikap-sikap positif, serta pemompa semangat anak dalam belajar dan berperilaku.

Memperkaya Kosakata Anak-anak

Semakin banyak dongeng didengar dan dibaca oleh anak-anak, tidak terasa kosakata anak-anak pun akan bertambah. Hal ini bisa mempermudah anak-anak dalam berkomunikasi atau menuliskan sesuatu saat berjumpa dengan aneka mata pelajaran.

Koleksi buku Dongeng Pengantar Tidur

Jika terinspirasi dari qoute Albert Einstein di atas, Bunda bisa mengumpulkan koleksi buku-buku dongeng. Sebagai rujukan silakan koleksi buku Smart Big Book 365 Dongeng Pengantar Tidur untuk dibacakan kepada buah hati di rumah.

Kira-kira apa ya buku dongeng yang bisa dibacakan untuk buah hati setiap hari? Dalam buku ini, Bunda akan menemukan:

  • 365 cerita dongeng yang terdiri dari dongeng sehari-hari, fabel, kerajaan, kisah ajaib, peri, dan kurcaci dengan karakter tokoh yang unik
  • Selain teks narasinya yang pendek, setiap lembarnya berilustrasi gambar menarik sehingga cocok sekali untuk anak mulai usia empat tahun
  • Kisah-kisah seru di dalamnya mengandung pesan moral positif yang mudah dipahami oleh anak-anak.
  • Bonus audio podcast dongeng yang dapat didengarkan melalui fitur scan QR Code yang ada di belakang buku.

Hadirnya buku ini juga dalam memperingati Hari Dongeng Nasional yang bertepatan pada tanggal 28 November. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Drs. Suyadi atau yang dikenal masyarakat sebagai Pak Raden. Pak Raden dianggap sebagai tokoh yang telah berjasa menghidupkan dunia dongeng.

Tunggu apalagi yuk dapatkan rujukan penting pre-order buku Smart Big Book 365 Dongeng Pengantar Tidur di reseller dan toko buku online berikut ini:

buku terbaru dari rangkaian seri smart big book 365

 

 Dongeng Pengantar Tidur
 

Story-List-Reseller-Jabodetabek-Buku-Dongeng

Story-List-Reseller-Jabodetabek-Buku-Dongeng-2

Story-List-Reseller-3-(1)

Story-List-Reseller-3

Share your thoughts