belajar membaca paud

Rahasia Mengajarkan Membaca untuk Anak Usia 3-5 Tahun (PAUD), Tandai Tips Berikut Ini dan Miliki Materi Lengkapnya

Banyak orang tua kebingungan menemukan cara-cara mengajarkan membaca untuk anak usia 3-5 tahun. Hal ini wajar saja, ketika bercermin dengan cara-cara belajar pada masa dulu, saat orang tua masih anak-anak tentu kondisi kognitif dan lingkungan juga berbeda-beda bukan? Anak-anak saat ini pun demikian. Ada yang memiliki kemampuan menangkap belajar membaca dengan cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

Semua kembali pada pendekatan dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Inilah kunci utamanya. Dunia anak, dunia bermain, maka bungkuslah pendekatan belajar dengan hal-hal yang membuat mereka tertarik dan gembira. 

Satu hal lain, pada masa usia 3-5 tahun fokus anak mudah teralihkan, maka gunakan momen yang tepat dan durasi belajar yang pendek agar mereka tidak lekas bosan.

 

Ayah Bunda, ternyata belajar membaca untuk si kecil memiliki beberapa tahap, loh. Dikutip dari Kids Health, terdapat tiga tahapan yang akan dilalui si kecil. Namun, tahapan tersebut bukan menjadi suatu patokan, ya. Karena setiap anak punya perkembangan yang berbeda.

Berikut ini 10 tip mengajarkan anak-anak usia PAUD (3-5 tahun) dalam belajar membaca.

  1. Rutin membacakan buku, misalnya saat sebelum tidur.
  2. Biarkan anak memilih jenis buku yang ia sukai.
  3. Membaca dengan suara lantang sehingga anak turut belajar intonasi dari kalimat yang diucapkan.
  4. Belajar menggunakan lagu yang disukai oleh anak-anak.
  5. Tidak hanya memilih buku yang tepat, tetapi kita juga perlu menyediakan ruang membaca yang nyaman.
  6. Menggunakan kartu pintar yang terdapat kata-kata dasar.
  7. Menggunakan teknologi, seperti smartphone untuk menonton video terkait pembelajaran membaca.
  8. Memberikan contoh kebiasaan membaca buku di ruangan yang sering terlihat oleh anak-anak.
  9. Mengajak anak ke perpustakaan dan toko buku dan membiarkan anak-anak memilih buku sesuai seleranya.
  10. Kenalkan cerita bergambar, komik, dan cerita pendek yang disertai banyak ilustrasi menarik.

Sebagai panduannya, Bunda bisa memiliki buku materi belajar yang terstruktur dan disusun oleh penerbit Cikal Aksara. Dalam buku ini ada 144 halaman berilustrasi menarik berbonus kartu huruf membaca sebagai media belajar lanjutan. 

Buku Smart Practice Book Membaca untuk PAUD merupakan sebuah rekomendasi buku belajar membaca untuk anak setara usia sekolah PAUD usia 3—4 tahun. Buku ini berisikan materi pengenalan huruf, berbagai variasi suku kata, huruf diftong dan lainnya yang dikemas dalam bentuk gambar sesuai materi terkait. Tujuannya, selain untuk menambah minat belajar, anak pun diajak untuk langsung mengaitkan pada hal-hal yang ada disekitarnya. Menarik bukan?

Sebagai media belajar dan latihan membaca di rumah, Ayah Bunda dapat menggunakan buku Smart Practice Book Membaca untuk PAUD. Melalui buku ini, anak akan dilatih cara belajar membaca dengan tahapan sistematis melalui pengenalan huruf dan suku kata dengan bantuan gambar serta melatih pembendaharaan kosa kata sehari-hari.

Preorder pemesanan buku Smart Practice Book Membaca untuk PAUD sudah dibuka mulai tanggal 17 Februari 2022. Ayah Bunda bisa memesan bukunya di toko buku online, marketplace, dan reseller Cikal Aksara. Selain kartu, ada bonus mainan pop it untuk yang memesan buku ini selama periode preorder hingga tanggal 27 Februari 2022. Silakan cek di laman ini, untuk informasi pemesanan,

 

smart pratice book membaca untuk paud kenapa harus punya buku ini

 

Share your thoughts