ada-dengan-tubuh-1

Ada Apa dengan Tubuh Kita?

Namun, dari kontraksi otot itu sendiri terkadang mengalami kelebihan yang di antaranya mengakibatkan kita cegukan. Ketika otot diafragma digerakkan oleh saraf frenikus yang berlebihan, ia akan mengeluarkan impuls listrik secara berurutan sehingga terjadilah cegukan. Rangsangan saraf frenikus ini dapat terjadi jika kita cemas, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, suhu dingin, dan lain-lain.

Sementara itu, fakta tentang pencernaan dan pernapasan, di antaranya dapat mengakibatkan tersedak, bersin, dan perut berbunyi keroncongan. Jika kita tersedak, ini diakibatkan klep epiglotis yang terhubung ke hidung pada tenggorokan terlambat menutup sehingga ada makanan yang masuk ke dalam tenggorokan. Sedangkan jika perut kita keroncongan, ini diakibatkan kosongnya lambung dan hanya berisi gas-gas yang berkontraksi hingga mengeluarkan suara krucuk-krucuk.

Nah, bagimana jika kita bersin? Apa penyebabnya? Bersin terjadi pada sistem pernapasan kita ketika mendapatkan sinyal adanya benda asing seperti debu atau kuman penyakit. Bersin memiliki kecepatan tinggi hingga mencapai 250 km/jam.  Karenanya, ketika bersin, udara dapat mengeluarkan 40.000 butir air yang mungkin saja mengandung kuman penyakit.

Masih banyak fakta-fakta lainnya, seperti kenapa kita kentut, menangis, menguap, kesemutan, lupa, ber-ingus, berkeringat, dan berbulu. Sebagai tambahan pengetahuan yang bermanfaat, buku “Fakta Menakjubkan Tentang Tubuh Manusia” akan menjelaskannya dengan lugas dan mudah difahami. Buku ini sangat tepat Anda berikan untuk anak atau murid Anda.

Di dalamnya, dibahas mulai dari pengenalan organ, komponen, cara kerja, dan fakta-fakta uniknya dari sistem tubuh manusia, pancaindra, otak, peredaran darah, rangka tubuh, otot, pencernaan, pernapasan, reproduksi, endoktrin, ekresi, integumen, dan sistem kekebalan tubuh.

 

Share your thoughts