menggambar mewarnai main bola

Langkah Mudah Menggambar Anak-anak Bermain Bola dengan Oil Pastel

Teknik menggambar mudah dengan rumus lingkaran pernah dipaparkan Tri Hartanto di link ini. Dicontohkan dalam panduan menggambar dan mewarnai lomba balap karung.

Kini saatnya mencoba menggambar anak-anak yang sedang bermain bola di lapangan. Langkahnya sama dengan teknik bulatan atau lingkaran sebagai awalan garis bantu. Agar gambar lebih hidup tentu perlu diwarnai, kali ini dengan oil pastel.

Sebelumnya siapkan pensil, kertas gambar, dan oil pastel. Untuk oil pastel silakan sediakan warna merah, hijau, biru, kuning, dan abu-abu. Langkah pertama tentu menggambar dahulu. Berikut langkah mudahnya.

 

  1. Buat dalam kepala dengan lingkaran dan badan seperti gambar pertama di bawah ini. Tambahkan tangan dan kaki dengan bentuk dan posisi seperti anak sedang berlari (lihat gambar kedua).

 

menggambar anak main bola

 

 

 

  1. Tambahkan lingkaran, gambar bola di samping kaki kiri atau di depan kaki kanan anak yang sedang menendang. Tambahkan gambar anak kedua, dengan lingkaran di bagian kepala. Badan dan kaki. Tinggi porsi tubuh kira-kira sama.

menggambar anak main bola

Lihat gambar keempat. Tambahkan dan lengkapi dua tangan. Dan tebalkan.

 

  1. Lengkapi dengan rambut, mata, hidung, dan mulut untuk kedua anak (lihat gambar ke-5). Pada bagian bola berikan gambar kurva (lengkung). Tebalkan di semua bagian. Jangan takut salah ya. Gores saja.

menggambar anak main bola

 

Sekarang lihat kotak gambar keenam. Di pojok kanan dan bagian belakang anak berikan gambar rumput. Lengkapi dengan siluet bangunan berjejer dan pepohonan. Simpel saja.

 

Mewarnai Anak-anak Bermain Bola dengan Oil pastel

 

Usai gambar selesai dibuat, masih ada aktivitas mewarnai dengan oil pastel.

 

  1. Ambil oil pastel berwarna hitam untuk menebalkan semua outline (pinggiran gambar). Goreskan kulit anak-anak seperti di bagian wajah dan kedua tangan dengan warna cokelat muda dan sedikit kuning untuk gradasi warna (lihat kotak A).

 

Berikan warna orange di baju anak yang sedang menendang bola. Lalu berikan warna merah untuk warna sepatunya. Sementara anak kedua (sebelah kanan), berikan warna biru langit di baju dan sepatu, lalu bagian bawah berikan warna hitam.

Nah, sampai langkah ini, gambar makin seru dan asyik kan?

 

mewarnai anak main bola

 

  1. Yuk, lanjut memberikan warna untuk bagian celana di kedua anak. Warnai dengan oil pastel dengan pilihan biru tua dan hitam untuk anak pertama. Sementar itu, warnai dengan cokelat, orange, dan sedikit hitam untuk anak kedua.

 

Agar gambar terlihat bertambah “hidup”, perhatikan pada langkah D. Bagian belakang atau latar, berikan warna ungu dan hitam pada tumbuhan dan hijau di daun-daun yang runcing tersebut.

 

mewarnai anak main bola

 

 

  1. Capek menggores? Istirahat dahulu dan pijat-pijat tangan sendiri atau minta Bunda yang memijat 🙂

 

Pada gambar E. Berikan warna rumput dengan pulasan hijau tua dan berikan aksen kuning. Sekarang amati bagian bola kaki. Warnai bagian bola dengan biru, merah, dan hijau.

Pada gambar F, berikan daun yang runcing di ujung kanan dengan warna merah menyala. Serta warna latar belakang langit dengan warna orange dan kuning.

 

mewarnai anak main bola

 

Nah, beres kan, sekarang.

 

menggambar orang aktivitasnya dengan oil pastelPanduan menggambar dan mewarnai di atas bisa dilihat lebih detail dalam buku Menggambar Orang dan Aktivitasnya dengan Oil Pastel. Buku yang disusun oleh Tri Harianto ini ditujukan untuk PAUD, TK, dan SD. Buku yang diterbitkan oleh Cikal Aksara ini sangat bagus untuk mendampingi anak-anak dalam mengembangkan kreativitas, membangun motorik halus, dan meningkatkan fokus pada anak-anak.

Buku ini bisa diperoleh di toko buku Gramedia dan toko buku daring kesayangan. Salam literasi!

 

 

 

 

Share your thoughts