Panpan2

Fakta Menarik tentang Panda

 

Panpan

Binatang yang satu ini memang unik: bertubuh besar, berbulu hitam-putih, dan memiliki lingkaran hitam yang mengelilingi matanya. Ya, dialah panda—binatang asal negeri tirai bambu, Cina. Dari penampilannya, panda memang terlihat lucu. Sayangnya, kamu tidak bisa menyentuh sembarangan. Pasalnya, ia termasuk hewan buas.

Nah, di balik tampilan yang menggemaskan itu, masih banyak hal tentang panda yang akan membuatmu tercengang. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang panda.

1. Panda adalah binatang asli Cina dan dijadikan simbol perdamaian.
2. Saat lahir, ukuran panda sangat kecil. Berat bayi panda sekitar 100—160 gram, atau hanya seperseribu dari bobot induknya.
3. Panda sebenarnya karnivora atau pemakan daging. Karena susah mencari makanan, panda melakukan diet memakan bambu atau rumput.
4. Karena bambu nutrisinya rendah, panda harus memakan 10 kg bambu tiap harinya agar mencukupi kebutuhan gizinya.
5. Gigi dan otot rahang panda sangat kuat untuk mengunyah bambu.
6. Panda menghabiskan waktu 12 jam sehari untuk makan, sisanya untuk tidur.
7. Panda terlihat amat lucu dan menggemaskan, namun sebenarnya amat berbahaya karena termasuk hewan buas.
8. Panda pandai memanjat pohon.
9. Panda tak berhibernasi saat musim dingin, melainkan berpindah ke tempat yang lebih rendah. Jika musim panas, mereka akan kembali ke pegunungan.
10. Panda amat pemalu dan suka bersembunyi.
11. Panda terancam punah. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 2.000 ekor di alam liar.


panpan-panda-yang-menawan

Panpan; Panda yang Menawan karya Watiek Ideo berisi cerita tentang Panpan—seekor panda yang menggemaskan. Selain Panpan, kamu juga bisa membaca cerita tentang Owi burung hantu, Dopi lumba-lumba, Kingu kanguru, dan Gika gajah.

Share your thoughts