hari dongeng dunia

Hari Dongeng Sedunia, Dampingi Anak-anak Mendengarkan Dongeng di Rumah, Ini 10 Buku Rujukannya

Setiap 20 Maret, ada peringatan Hari Dongeng Sedunia. Sudah tahu kan Bunda? Awalnya di tahun 1991, acara ini digelar pertama kali di Swedia oleh para pendongeng atau narator. Peristiwa ini lalu diikuti di berbagai belahan bumi lain seperti Perth dan Mexico. Akhirnya setiap tahun event ini menjadi acara peringatan rutin di setiap negara, termasuk Indonesia.

Para pendongeng atau story teller dalam menyampaikan cerita-ceritanya ke audiens memiliki kemampuan seni komunikasi yang baik. Seperti monolog, mereka bisa menirukan suara-suara dari berbagai karakter yang mereka ceritakan. Keahlian seorang bisa bercerita dan memainkan berbagai suara dan intonasi yang berbeda-beda.

Dongeng sendiri sudah ada sebelum kisah-kisah yang dituliskan di atas kertas. Hampir di setiap budaya, tradisi bercerita secara lisan dengan mendongeng ada.

Di Indonesia ada banyak potensi lahirnya para pendongeng. Salah satunya pendongeng yang cukup dikenal, namanya Imam Prakoso. Kak Imam ini memiliki banyak undangan dan pengalaman membagikan cerita lisan ke anak-anak.

Ekspresi pendongeng bukan hanya pada suara, tetapi wajah dan bahasa tubuh. Suara para pendongeng seperti bisa disetel sesuai dengan karakter dalam tokoh dongeng. Inilah uniknya. Inilah magnet untuk menarik anak-anak merapat dan menyimak cerita-cerita yang disampaikan.

Apa saja yang disampaikan dalam story telling? Dongeng klasik, legenda, mitologi, fabel, atau cerita modern sesuai dengan tema kekinian bisa disampaikan dengan metode mendongeng. Melalui dongeng sejarah, budaya, dan nilai moral bisa disampaikan kepada anak dengan cara menyenangkan, lebih hidup, dan edukatif..

Bagi pendongeng, alat mendekatkan diri dengan audiens. Seperti kita ketahui, membangun kedekatan dengan cerita dan narasi story telling lebih banyak pesan tersampaikan selain upaya untuk menghibur dan menghangatkan suasana.

Orangtua pun bisa belajar menirukan kak Imam dalam bercerita di rumah. Ekspresikan

 

Manfaat Mendongeng untuk Buah Hati

Nah, mari kita kembali mengingat manfaat mendongeng untuk anak.

  1. Mengembangkan Imajinasi Anak-anak
  2. Dongeng penyampai nilai
  3. Merangsang budaya baca

Berikut buku Rujukan untuk Bahan Mendongeng di Rumah:

Promo Hari Dongeng Sedunia Cikal Aksara

Diskon 15% untuk 10 buku pilihan:

Belajar Sunnah dari Hikmah Cerita Sehari-hari

Dalam buku ini, ada 24 cerita pendek sehari-hari yang dilengkapi dengan hikmah cerita tentang bagaimana menerapkan sunnah sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Hadis. Mempraktikan sunnah oleh anak dalam kegiatan sehari-hari dapat membangun sebuah kebiasaan baik, hingga nantinya kebiasaan ini akan menjadi kepribadian akhlak yang terpuji dalam diri mereka.

Bagaimana cara Salma bisa mendapatkan sepeda baru, sementara Salwa, kakak kembarnya tidak?

Bagaimana Bintang, anak yang biasa-biasa di kelas bisa menjadi idola saat acara perpisahan sekolah?

Dongeng Nusantara Favorit; Batu Belah

Kisah Batu Belah bercerita tentang kakak dan adik yang tinggal di tepi pantai telah melanggar amanat orang tua. Pesan moral dari cerita ini adalah patuhilah semua perkataan orangtua karena semua demi kebaikan kita sendiri.

Buku ini dikemas dengan ilustrasi penuh warna dan kalimat ceritanya singkat sehingga mudah dipahami oleh anak. Keunggulan lainnya, buku ini disajikan dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selain itu, buku ini dapat digunakan juga oleh anak-anak dengan cara mendengarkan podcast audio dalam Bahasa Inggris sambil melihat gambar atau ilustrasi cerita di setiap halaman buku ini.

Jolu dan Kobi: Kisah Kerbau dan Jalak yang Saling Membantu

Buku ini berkisah tentang pertemanan Jolu, si burung jalak dan Kobi, si kerbau. Mereka berdua adalah teman baik yang satu sama lain saling membutuhkan. Dalam ilmu sains, hubungan persahabatan ini disebut sebagai simbiosis mutualisme.
Tidak hanya cerita bergambar, buku ini pun dilengkapi dengan aplikasi game edukasi menarik yang bisa dipasang di smartphone dengan cara memindai (scan) QR Code yang ada di dalam buku. Yuk, baca bukunya, mainkan permainannya!

Petualangan Peni si Penyu Laut

Peni si Penyu Hijau, harus kembali ke pantai asalnya untuk bertelur. Dalam perjalanannya mengarungi lautan, ia bertemu denga seekor penyu tua yang sedang menangis. Wah, ada apa, ya? keadaan semakin gawat ketika peni terperangkap jaring nelayan! Aya yang harus ia lakukan? Akankah ia selamat?

Buku ini mengisahkan tentang kondisi penyu laut yang terancam punah. Dilengkapi dengan fitur animasi 2D augmented reality, fakta menarik, dan games interaktif asyik. Semoga dengan membaca buku ini, anak-anak semakin mengenal dan menyayangi penyu di Indonesia.

Aksi Lima Sahabat Selamatkan Bumi dari Sampah

“Buanglah sampah pada tempatnya.”

Pesan ini mungkin sudah sering teman-teman dengar, ya. Namun, setelah kita buang, ke mana sampah-sampah itu akan pergi? Sampah-sampah tersebut bisa menumpuk di tempat pembuangan ataupun bermuara di lautan hingga jutaan tahun lamanya. Bahkan, sampah tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit dan mengganggu keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Sedih, ya …

Nah, apa yang bisa teman-teman lakukan untuk mengurangi sampah?

Yuk, ikuti kisah Lima Sahabat Bumi dalam buku ini! Andra, Bimo, Caca, Dilan, dan Emma memiliki berbagai cara dalam mengelola sampah. Teman-teman juga bisa mengerjakan beragam aktivitas seru lainnya, loh!

Ayo, kita selamatkan bumi dari sampah bersama-sama! 

Ayo Kita Belajar Pancasila

Nilai-nilai dasar Pancasila merupakan pondasi dan konstruksi untuk membangun keluarga yang beradab, keluarga yang memiliki tatanan, yang berpendidikan, tingkah laku, sopan santun, taat serta tertib terhadap norma-norma hukum dan agama. Karena itu, pendidikan karakter Pancasila seharusnya dimulai dari dalam keluarga, dan dilakukan sejak usia dini. Buku ini dapat dijadikan media belajar nilai-nilai dasar Pancasila untuk anak-anak.

Buku ini berisi 8 cerita anak-anak yang mengimplementasikan nilai-nilai dasar pancasila dalam kesehariannya. Dilengkapi dengan pesan moral dan informasi yang aplikatif untuk membentuk pribadi dan karakter bangsa yang baik. Salam literasi!

 

Remo dan Heo ; Kisah Hiu yang Melindungi Ikan Remora

Buku ini berkisah tentang pertemanan Remo, si ikan remora dan Heo, si hiu. Mereka berdua adalah teman baik dimana yang satu diuntungkan dan yang satunya tidak dirugikan. Dalam ilmu sains, hubungan tersebut disebut sebagai simbiosis komensalisme.
Tidak hanya cerita bergambar, buku ini pun dilengkapi dengan aplikasi game edukasi menarik yang bisa dipasang di smartphone dengan cara memindai (scan) QR Code yang ada di dalam buku. Yuk, baca bukunya, mainkan permainannya!

 Smart Big Book ; 365 Aktivitas Anak Cerdas

Saat memasuki usia golden age, potensi anak akan semakin terlihat. Pada periode ini, orang tua perlu memberikan bimbingan dan dukungan yang lebih intens kepada anak. Buku Smart Big Book ini disusun berdasarkan pembelajaran, pengenalan, dan pengembangan karakter anak cerdas. Buku ini memiliki 365 soal dan aktivitas yang lengkap dengan materi belajar membaca, menulis, berhitung sederhana, mewarnai, yang disisipi oleh anake permainan agar latihan menjadi lebih mengasyikkan, seperti maze games, puzzles, dan spot the differences.

Learning by Doing, Learning by Playing, Learning by Stimulating

  • Mengenal anggota tubuh, waktu, hewan, dinosaurus, dunia, dan luar angkasa
  • Mengenal buah, sayur, alat musik, alat transportasi, lingkungan, profesi, dan hobi
  • Menebalkan huruf, angka, kata, dan gambar serta menuliskannya kembali
  • Belajar membaca dengan penggunaan di dalam kata dan kalimat dengan bantuan gambar
  • Belajar berhitung angka bertahap dengan ilustrasi menarik
  • Belajar membandingkan dan membedakan ukuran, bentuk, dan warna

Smart Big Book ; 365 Aktivitas Anak Pintar

Perkembangan kecerdasan anak pada usia 3—7 tahun sangat pesat. Berdasarkan hasil penelitian, kapasitas kecerdasan anak telah mencapai 50% pada usia 4 tahun. Selanjutnya pada usia 8 tahun, kapasitas kecerdasan sudah mencapai 80%. Hal ini menunjukkan pentingnya memberikan bimbingan yang lebih intensif kepada anak.

Buku Smart Big Book 365 Aktivitas Anak Pintar ini disusun berdasarkan pengembangan karakter anak pintar dalam merangsang kecerdasannya. Buku ini memiliki 365 soal dan aktivitas yang sangat lengkap dengan materi belajar membaca, menulis, dan berhitung. Seluruh aktivitas dibalut dengan aneka permainan maze games, puzzles, cut and stick, drawing and colouring, serta spot the differences agar aktivitas belajar menjadi lebih mengasyikkan.

Learning by Doing, Learning by Playing, Learning by Stimulating

  • Mengenal buah, sayur, bunga, alat musik, alat transportasi, profesi, dan hobi.
  • Mengenal anggota tubuh, waktu, benda, hewan, dinosaurus, dunia, dan luar angkasa.
  • Menebalkan huruf, angka, kata, dan gambar serta menuliskannya kembali.
  • Menggunting sesuai pola dan latihan menempelkannya kembali.elajar membaca suatu kata dan kalimat dengan bantuan ilustrasi dan gambar.
  • Belajar berhitung angka secara bertahap dengan gambar.
  • Belajar membandingkan dan membedakan ukuran, jumlah,  bentuk, dan warna.

Aku Kertas Kosong

Aku adalah kertas kosong, Ayah dan Bunda yang membantuku mewarnai karakter kebaikan dalam diriku.
Aku bisa jadi anak yang dapat dipercaya, karena Ayah dan Bunda selalu percaya diri memupuk dan menyiramiku dengan kebaikan.

Setiap anak lahir dalam fitrah yang penuh kebaikan. Pengembangan karakter anak ditentukan oleh bagaimana pengasuhan dan habituasi karakter yang dilakukan orangtuanya dengan beragam metode yang menyenangkan, bersikap, lalu dia melakukan kebaikan tanpa paksaan.

Buku ini merupakan salah satu perangkat sederhana yang bisa menjadi pilihan orangtua untuk membiasakan karakter positif sedini mungkin. Tak hanya berisi cerita bergambar yang seru dan menarik, orangtua bisa menstimulasikan pendidikan karakter pada anak dengan cara yang asyik. Terdapat pula, lembar diskusi dan diari yang bisa dikerjakan oleh anak setelah membaca setiap cerita.

Selain diskon 15% untuk 10 buku pilihan, ada bonus lain lho Bun:

  • Beli 2 buku gratis Kalender 2020
  • Beli lebih dari 2 buku gratis Kalender 2020 & Boneka Jari Tangan

 

Promo-Buku-Dongeng

 

Dapatkan promo ini hanya di Toko Buku Online berikut:

  • Kanayabookstore

WA 083823292488

  • Pesona Ilmu

WA 085771772390

  • Keranjang Jinjing

WA 081586813824

  • Buku Happy

WA 081285999434

  • JB Bookstore

WA 081991306227

  • Kutubuku Corner

WA 087728813098

  • Bukubukularisdotcom

WA 087873326059

  • id

WA 089628519266

  • AlifiaBookstore

WA 085780050008

  • Melstore Book

WA 081381527534

  • Serba Serbi Book

WA 081511672778

  • Sahabat Buku Anak

WA 085769970569

 

Promo ini mulai berlaku dari tanggal 15 – 31 Maret 2020

Nah, bunda tidak perlu bingung mengisi waktu luang untuk anak-anak di rumah yang sedang diliburkan akibat pencegahan wabah Covid-19. Bunda bisa menghalau kebosanan anak-anak dengan membacakan dongeng yang ada di salah satu buku rujukan di atas.

 

 

Share your thoughts