ini yang terjadi jika anak mewarnai

Ini Yang Terjadi Ketika Anak Anda Menyukai Aktivitas Mewarnai

Aktivitas mewarnai untuk anak itu bagus sekali. Menurut situs web colorspsycology.org, mewarnai adalah cara sederhana yang membantu anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif, psikologis, dan kreativitas. Kognitif terkait dengan kemampuan berpikir dan memecahkan persoalan. Kemampuan psikologis terkait kejiwaan. Sementara itu, kreativitas terkait kemampuan membuat gagasan atau ide baru.

Banyak hal positif yang bisa dituai untuk buah hati Anda dari aktivitas mewarnai. Aktivitas ini bermanfaat melatih motorik, melatih konsentrasi, kesabaran, belajar mengenal warna, dan merangsang daya kreativitas anak.

Melalui gerakan motorik, syaraf otak, dan tangan terlatih. Simpul-simpul motorik halus dan kasar pun terbangun berlahan. Lewat tindakan mewarnai, otot jari, pergelangan tangan, dan tangan akan berkembang. Kemampuan motorik halus, hal ini berguna sekali saat anak belajar menggambar, menulis, dan aktivitas lain.

Belajar konsentrasi bisa dilakukan dengan duduk, membuat garis, dan memenuhi kertas dengan warna. Tindakan mewarnai akan melatih dan memperbaiki fokus serta koordinasi tangan dan mata buah hati Anda.

Kuncinya semakin anak sering melakukan kegiatan ini, kemampuan untuk mewarnai semakin tinggi. Ini tidak sekadar olah jemari, tetapi otak kiri dan kanan si anak dipacu dan dirangsang. Kian banyak berlatih, kreativitas pun kian bertambah, termasuk daya imajinasi anak pun terasah.

Perlu diingat, secara natural otak akan bosan melakukan hal yang sama. Maka anak-anak pun reflek akan mencoba bereksperimen dengan perpaduan warna-warna lain.

Nah, belajar mencorat-coret warna dan memblok warna menjadi bagian penting untuk anak. Lalu, apa yang terjadi ketika anak anda menyukai kegiatan mewarnai? Mereka akan lebih sehat dan gembira ketika masa remaja dan dewasa.

 

Belajar Mewarnai dari YouTube

Lewat panduan video tutorial, pelajaran mewarnai akan mudah disampaikan. Sebab secara natural, anak lebih mudah menangkap bahasa gambar seperti media visual dan audio. Dalam bentuk video, ada cara menggores, memulas, dan membuat gradasi warna yang dapat dipraktikkan langsung. Bahkan dengan mudah bisa diputar dan diulang kembali. Orangtua pun akan lebih mudah mengenalkan berbagai cara mewarnai.

Dengan melihat video tutorial, anak lebih cepat belajar dan bisa terinspirasi melakukan hal-hal yang sama. Hal ini dapat memacu kemampuan mengamati, meniru, dan modifikasi. Harapannya daya kreativitas dan imajinasi pun terbangun. Lihat videonya di sini.

 

Lalu, obyek gambar untuk diwarnai bisa apa saja. Salah satu obyek mewarnai yang biasanya disukai anak-anak adalah alat transportasi, seperti mobil, truk, sepeda motor, kereta api, pesawat udara, dan lainnya. Sebagai referensi buku mewarnai untuk ada setidaknya ada tiga buku seri Fun Coloring yang diterbitkan oleh Cikal Aksara pada pertengahan tahun 2017 ini, seperti Mewarnai Hewan Peliharaan, Mewarnai Alat Transportasi, Mewarnai Buah dan Sayuran.

Melalui buku-buku seri Fun Coloring, buah hati Bunda akan diajak pula mengetahui fakta-fakta unik seputar alat transportasi, buah-buahan, sayuran, dan hewan peliharaan. Dalam buku tersebut pun, gratis poster sesuai objek yang telah diwarnai. Poster ini nantinya dapat ditempel atau dipajang di kamar anak.

Selamat mengajak buah hati Anda melakukan aktivitas mewarnai!

 

 

Share your thoughts