nabi-sulaiman2s

Kisah Menakjubkan dari Nabi Sulaiman as

 nabi-sulaiman2

 

 

 

 

 

 

Setiap Nabi dikaruniai beragam mukjizat. Seperti Nabi Musa yang dapat membelah samudera, Nabi Isa yang dapat berbicara saat masih bayi, dan Nabi-nabi lainnya. Ada satu Nabi yang memiliki mukjizat yaitu dapat memahami bahasa binatang. Kamu tahu siapa?

Ya, Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman adalah putra Nabi Daud, raja Bani Israil di Palestina. Ia tumbuh di lingkungan istana. Sejak kecil, ia terbiasa menemani dan membantu ayahnya menyelesaikan masalah yang terjadi di kerajaan. Pada usia 13 tahun, ayahnya sudah mengangkat Nabi Sulaiman menjadi hakim kerajaan. Semakin besar, jiwa kepemimpinan Nabi Sulaiman semakin terasah. Ia pun akhirnya menggantikan ayahnya menjadi raja.

Kerajaan Nabi Sulaiman berkembang dengan baik. Ia bahkan sampai memiliki 20 ribu ekor kuda. Pada suatu hari, ia terlalu sibuk memeriksa kuda-kuda itu hingga lupa mengingat Allah SWT. Nabi Sulaiman segera memohon ampun pada Allah SWT dan menyembelih semua kudanya. Meskipun Sulaiman sangat menyayangi kudanya, ia tetap lebih mencintai Allah SWT.

Nabi Sulaiman mempunyai mukjizat yaitu dapat memahami bahasa binatang. Tidak hanya itu, ia juga dapat mengerahkan bangsa jin, hewan, burung, bahkan juga angin. Mereka semua siap melaksanakan perintah Nabi Sulaiman, kapan pun diperintahkan.

Ketika itu, Nabi Sulaiman sedang berjalan bersama rombongannya di Yaman. Ia merasa kehausan dan memerintahkan seekor burung hudhud untuk mencarikan mata air. Saat burung hudhud mencari mata air, ia menemukan sebuah kerajaan yang masih menyembah matahari. Kerajaan itu bernama Saba dengan ratunya yang bernama Balqis. Temuannya itu kemudian diceritakan kepada Nabi Sulaiman. Mendengar cerita itu, Sulaiman segera mengutus burung hudhud mengirim surat kepada Ratu Balqis. Surat itu berisi ajakan untuk menyembah Allah SWT.

Setelah membaca surat Nabi Sulaiman, Ratu Balqis mengutus beberapa pembesarnya untuk menyerahkan hadiah kepada Nabi Sulaiman. Namun Nabi Sulaiman hadiah tersebut dan meminta Ratu Balqis datang ke istananya. Ratu Balqis juga berjanji memenuhi undangan Nabi Sulaiman. Selama rombongan Ratu Balqis di perjalanan, Nabi Sulaiman mempersiapkan istana megah tiada banding untuk menyambut mereka. Selain itu, Nabi Sulaiman juga meminta seseorang yang berilmu untuk memindahkan istana dan singgasana Ratu Balqis ke istananya.

Sesampainya di istana Nabi Sulaiman, Ratu Balqis dan para pengikutnya takjub dengan keindahan dan kemegahan istana tersebut. Dindingnya terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya dari emas dan tembaga, atapnya dari perak, hiasannya terbuat dari mutiara, intan dan berlian. Pasir di taman pun ditaburi mutiara. Ratu Balqis semakin terkejut saat ia melihat ruangan yang sama persis seperti singgasananya di Negeri Saba. Melihat semua kekuasaan Nabi Sulaiman, Ratu Balqis dan pengikutnya pun tunduk dan mengikuti ajaran yang diajarkan Nabi Sulaiman.


kisah-menakjubkan-25-nabi-dan-rasul-1Kisah nabi lainnya dapat kamu temui dalam buku Kisah Menakjubkan 25 Nabi & Rasul karya Nurul Ihsan. Tidak hanya ceritanya, fakta mengenai peninggalan para Nabi pun dapat kamu jumpai dalam buku ini.

Share your thoughts