belum cukup umur naik motor

Mengajari Anak untuk Belajar Sunnah Melalui Cerita Sehari-hari, Ini Manfaatnya

Siapa yang tidak ingin punya putra-putri berakhlak baik dan terpuji. Tentu saja semua orang tua menginginkannya. Bagi umat muslim, sunnah Nabi dapat menjadi pedoman berperilaku agar memiliki kepribadian yang baik. Maka, sunnah pun perlu diajarkan pada anak agar menjadi praktik dan kebiasaan dalam keseharian mereka.

Kapan waktu yang tepat? Kebiasaan-kebiasaan baik perlu diajarkan sebelum anak berusia baligh. Sebab pada usia tersebut, merupakan momen yang pas untuk menumbuhkan dan menancapkan perilaku akhlak terpuji dan mulia.

Perumpamaannya seperti memahat di atas sebuah batu saat nilai-nilai dan perilaku kebaikkan ditanamkan dalam diri anak. Akan lebih mudah tertanam dan sulit digoyahkan dibandingkan dengan mengajarkan ketika mereka dewasa.

Selain itu, sifat anak pada masa itu seperti “peniru” yang lihai. Mereka mudah sekali menirukan apa yang dilihat di sekitarnya. Maka, dalam hal ini tentu saja orang tua perlu memberikan tauladan agar buah hatinya lebih mudah mengikutinya.

Pada masa sebelum anak baligh, orang tua akan lebih mudah mengarahkan dan membimbingnya. Ini bagian penting dari kewajiban orang tua untuk mendidik anak dengan menanamkan budi pekerti.

Selain memberikan contoh nyata ketauladanan dari orang tua, menyampaikan cerita-cerita terkait akhlak yang terpuji bisa menjadi alat yang tepat. Anak-anak suka mendengarkan dongeng. Kesan santai namun mengandung hikmah dan pesan moral, bisa diperdengarkan dari kisah-kisah yang dibacakan sebelum mereka tertidur.

Mengapa orang tua memilih waktu malam menjelang anak akan tertidur? Sebab, saat itu kondisi gelombang otak anak cenderung rileks dan mudah menerima pesan-pesan penting yang terselip di dalam cerita.

Baca Juga:

Ini Alasan Doa Perlu Diajarkan Sejak Usia Dini

 

Cerita Hikmah Keseharian

Dari mana mencari cerita hikmah keseharian terkait sunnah? Banyak contoh cerita hikmah yang diambil dalam buku “Belajar Sunnah dari Hikmah Melalui Cerita Sehari-hari”. Diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain.”

Hadist ini sepanjang masa akan terus relevan dengan kehidupan sehari-hari. Contoh penting saat ini misalnya berkaitan anak-anak remaja di bawah umur yang tidak layak menggunakan sepeda motor. Anak sangat berisiko belum siap untuk menghindari bahaya mendadak. Misalnya, tabrakan, tergelincir, muncul kendaraan lain dari arah berlawanan, atau penyebab lainnya.

Cerita terkait anak dan sepeda motor dalam buku “Belajar Sunnah dari Hikmah Melalui Cerita Sehari-hari” ini disampaikan dalam bentuk cerita pendek dengan bahasa yang dikemas untuk anak-anak. Mudah dimengerti dan menarik untuk dibacakan. Tentu saja naik motor saat anak belum cukup umur dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Ada banyak cerita lain berkaitan pelajaran berharga yang bisa dibacakan untuk buah hati Anda. Buku “Belajar Sunnah dari Hikmah Sehari-hari” ditulis oleh Yekti Mawarini ini dilengkapi dengan podcast audio cerita. Podcast ini dapat didengarkan atau diunduh secara online dengan memindai QR code yang ada di halaman belakang cover buku. Mendengarkan podcast ini cocok bagi yang tidak ingin repot membacakan cerita saat malam hari dengan pencahayaan yang redup di dalam kamar.

 

Baca Juga:

Belajar Kehidupan dari Kisah Nabi Muhammad SAW

Manfaat belajar sunnah melalui cerita sehari-hari

Belajar sunnah Nabi memiliki banyak manfaat, berikut manfaat belajar sunnah.

  • Belajar mencintai Allah dan Nabi dengan mengikuti perilaku-perilaku yang terpuji Nabi Muhammad SAW.
  • Hadist Nabi bukan sekadar cerita atau hafalan di mulut saja. Namun, perlu dipraktikkan agar anak muslim beroleh keberkahan dan kehidupan lebih baik di dunia dan akhirat.
  • Menjalankan sunnah nabi adalah ibadah, yang tentu saja bernilai
  • Belajar mengenal sunnah nabi yang asli dengan yang palsu, berdasarkan sumber acuan. Di sini diperlukan sikap kehati-hatian dan kecermatan.

 

belajar sunnah dari hikmah cerita sehari-hariYuk bunda, ajak anak-anak menyimak sunnah melalui buku “Belajar Sunnah dari Hikmah Cerita Sehari-hari”. Buku dengan ilustrasi berwarna ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia, Gunung Agung, TM Bookstore, dan toko online kesayangan Anda.

 

 

 

Share your thoughts