binatang-rekor

Mengenal Binatang Pemecah Rekor

Salah satu binatang pemecah rekor yang terkenal di dunia adalah tarsius. Kamu mungkin jarang sekali mendengar nama binatang yang satu ini. Tarsius merupakan kera terkecil di dunia. Panjang tubuhnya hanya 9,3 – 9,8 cm dengan berat sekitar 57 gram saja. Sedangkan panjang ekornya sekitar 19,7 – 20, 5 cm.

Walau memiliki tubuh kecil, mata tarsius memiliki ukuran sebesar rambutan. Uniknya, mata tarsius yang sebesar rambutan itu ternyata lebih besar ketimbang ukuran otaknya. Ukuran mata yang besar ini sangat bermanfaat bagi binatang malam seperti tarsius. Dalam keadaan gelap, tarsius mampu melihat dengan tajam.

Selain mata, kepala tarsius juga terbilang cukup unik. Saking lenturnya, kepala tarsius bisa diputar ke segala arah. Hal itu memungkinkan tarsius melihat dari belakang.

TarsiusHewan yang bisa kamu temui di Indonesia dan Filipina ini, menghabiskan sebagian hidupnya di atas pohon. Mulai dari tidur hingga melahirkan. Ia berpindah tempat dengan cara melompat dari satu pohon ke pohon lain.

Tidak hanya itu, tarsius juga mahir menangkap burung yang sedang bergerak sambil melompat-lompat di atas pohon, lho. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya, tarius memaksimalkan fungsi alat pendengarannya. Telinganya akan bergerak-gerak saat ada mangsa yang sedang mendekat.

Tarsius hanyalah salah satu dari sekian banyak binatang pemecah rekor yang ada di dunia ini. Masih banyak binatang lainnya yang bisa kamu temukan dalam buku Ensiklopedia Binatang Pemecah Rekor yang disusun oleh Tim Sunrise Picture.

Melalui buku terbitan Cikal Aksara ini kamu bisa melihat beraneka jenis binatang yang unik-unik. Binatang-binatang ini memiliki kelebihannya masing-masing. Ada 100 binatang pemecah rekor yang akan memuaskan rasa penasaranmu. Dari burung albatros hingga walet. Dari anaconda hingga paus pembunuh.

Semua informasi tentang binatang pemecah rekor bisa kamu temukan di sini!

Share your thoughts