demam-depan

Mengenal Gejala Awal Sakit pada Anak

 

demam

Menjaga kesehatan anak itu memang gampang-gampang susah ya, Bun. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa. Apalagi saat cuaca yang sedang tidak menentu seperti sekarang ini. Jika tidak diperhatikan dengan benar, ia bisa dengan mudah tertular penyakit.

Sebagai orangtua, tentunya kita memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sang buah hati. Kita memang tidak bisa menolak sakit, tetapi Bunda bisa mencegahnya dengan berbagai macam asupan bergizi dan pola hidup sehat.

Namun, bagaimana jika anak terlanjur sakit?

Penanganan pertama, perhatikan gejalanya. Ketika tubuh kurang sehat, pastinya akan ada sejumlah gejala yang bisa Bunda perhatikan. Berhubung anak belum bisa mengungkapkannya secara gamblang, kitalah yang harus jeli melihatnya.

Nah, berikut adalah gejala-gejala yang bisa Bunda amati saat anak merasa kurang sehat.

1.    Gejala sakit umum
Demam, mual, pusing adalah gejala sakit umum yang biasa menyerang anak atau pun orang dewasa. Sebagai langkah awal, Bunda bisa menanyakan ketiga hal tersebut pada anak jika mereka terlihat kurang sehat.

2.    Gejala sakit serius
Kejang-kejang, sesak napas, atau nyeri dada bisa menjadi gejala sakit serius. Kalau anak mengalami salah satu dari tiga gejala tersebut, segera hubungi dokter atau bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Terlepas dari semua itu, Bun, semoga kita dan anak-anak sehat selalu, ya. Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar kita selalu menjaga pola hidup dan pola pikir sehat. Semangat, Bunda!

Share your thoughts