Pensil Warna, Krayon, atau Oil Pastel untuk Si Kecil?

Usia balita memang sedang senang-senangnya menggambar. Tahukah Bunda, menggambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat untuk si kecil? Selain melatih aspek visual (merekam dan membedakan bentuk atau warna), juga melatih konsentrasi, kesabaran, dan aspek motorik.

Kita sebagai orangtua perlu rasanya mendukung aktivitas si kecil dan mulai memerhatikan alat-alat menggambar dan mewarnainya. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan si kecil dan perhatikan juga dari sisi keamanannya.

Umumnya, pilihan orangtua adalah pensil warna, krayon, atau oil pastel. Ketiga alat ini berbeda, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yuk, simak apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Pensil Warna

Pensil warna ini baik untuk melatih kesabaran dan motorik si kecil. Dengan pensil warna, si kecil akan lebih banyak bergerak dan menghabiskan waktu untuk menggambar dan mewarnai dibanding dengan krayon atau oil pastel. Yang perlu diperhatikan, pastikan pensil ini tidak mengandung zat berbahaya, untuk berjaga-jaga apabila si kecil menggigitnya. Selain itu, perhatikan juga ujung pensil yang runcing, ini mungkin bisa berbahaya untuk si kecil.

Foto: Paul Tomlin-https://www.flickr.com/photos/paultomlin/2209499274

Krayon

Krayon ini terbuat dari lilin, warnanya lembut, cocok digunakan oleh anak-anak. Bunda perlu memerhatikan, apakah krayon tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak. Selain risiko krayon tergigit oleh si kecil, krayon yang menempel di tangan si kecil juga bisa berbahaya jika tidak segera dibersihkan.

Foto: Kate Ter Haar-https://www.flickr.com/photos/katerha/4941486378

Oil Pastel

Walaupun bentuknya mirip dengan krayon, oil pastel adalah benda yang berbeda. Bahannya terbuat dari lilin dan minyak. Sering digunakan oleh orang remaja atau dewasa untuk mewarnai, karena bahannya yang keras. Risiko bahayanya hampir sama dengan krayon hanya saja dengan oil pastel akan lebih banyak menempel di tangan ketika menggunakannya dibandingkan dengan krayon. Karena itu, saat menggambar dengan krayon atau oil pastel sebaiknya perlu menggunakan sarung tangan.

Foto: Pete-https://www.flickr.com/photos/comedynose/5394060018

Apa pun peralatan yang digunakan si kecil, kita sebagai orangtua bertugas mengawasi dan mendampinginya. Penting untuk memastikan peralatan tidak mengandung zat yang berbahaya. Berkaca kepada risiko yang dapat terjadi, sepertinya tidak masalah mengeluarkan uang lebih untuk membeli peralatan menggambar dengan merek yang lebih terpercaya.

Penerbit Cikal Aksara memiliki berbagai buku aktivitas menggambar untuk si Kecil, di antaranya Menggambar itu Gampang, Menggambar Hewan itu Gampang, dan Menggambar dari Huruf A-Z.

Share your thoughts