cerita rakyat nusantara dan cerita binatang nusantara

Audio Book: Gaya Baru dalam Menanamkan Pesan Moral Melalui Konten Cerita Rakyat Nusantara

Aktivitas rutin mendongeng selain bermanfaat untuk bonding (membangun kedekatan) dengan anak, juga bertujuan penting untuk menanamkan pesan moral kebaikan bagi anak-anak. Namun, jika saat ini ayah bunda dalam menyampaikan dongeng kepada anak-anak sekadar membacakan buku, nampaknya saatnya diubah.

 

Ada gaya baru cara penyampaian dongeng dengan melibatkan semua indera anak. Hal ini cocok diterapkan untuk anak-anak dengan potensi bawaan gen belajar yang cenderung visual, auditori, maupun kinetis. Cara baru ini melibatkan audio cerita melalui Podcast dan lengkap dengan sajian teks serta ilustrasi gambar yang menarik nan penuh warna.

 

Dengan begitu indera seperti telinga, mata, dan tangan turut berperan dalam aktivitas mendongeng. Setidaknya ada dua buku baru rujukan dongeng dari Cikal Aksara yang bisa menjadi bekal orangtua untuk bahan mendongeng di rumah. Buku-buku ini adalah Cerita Rakyat Nusantara dan Dongeng Binatang Nusantara. Kedua buku tersebut melibatkan Podcast yang bisa diakses melalui Spotify dari smartphone.

audio book Cerita Rakyat Nusantara dan Cerita Binatang Nusantara

 

Lewat paduan podcast bisa membuat anak lebih fokus dan inten dalam mendengarkan dongeng-dongeng yang digali dari kebudayaan Indonesia. Cara mengakses podcast ini mudah sekali, dalam setiap halaman tema dongeng terdapat tautan QR Code yang bisa dipindai (scan) dengan gawai smartphone, dan tautan ini akan menuju audio podcast di aplikasi Spotify. 

 

Sementara dukungan visual lewat gambar-gambar yang memukau dan teknik pewarnaan yang digarap dengan sentuhan mutakhir akan menambah betah anak-anak menikmati kedua buku tersebut. 

 

audio book Cerita Rakyat Nusantara dan Cerita Binatang Nusantara

 

Konten Buku Dongeng

 

Setiap daerah di Nusantara memiliki cerita unik berupa legenda, mitos, dan dongeng yang selalu menarik untuk disimak. Lewat cara ini anak-anak akan terbantu mengenal konten cerita dan mengenali wilayah-wilayah penting di Nusantara. 

 

Kebanyakan dongeng-dongeng yang diambil dalam buku ini merupakan dongeng dan cerita rakyat populer dan mungkin beberapa cerita sudah akrab di telinga ayah dan bunda. Salah satu dongeng dari daerah Sumatra seperti cerita Malin Kundang dan Danau Toba. Sementara cerita lainnya seperti Sultan Dolmas, si Pitung, Hikayat Tanjung Lesung, Legenda Tangkuban Perahu, Bawang Merah dan Bawang Putih, Legenda Candi Prambanan, Putri Mandalika, dan kisah unik La Dana dan Kerbaunya.

 

Buku ini memiliki keunggulan dan manfaat yang beragam antara lain:

 

 

  • Buku Cerita Rakyat Nusantara berisi cerita rakyat paling popular yang diangkat dari beberapa provinsi di Indonesia.
  • Menampilkan ilustrasi menarik yang full color serta disisipi berbagai fakta unik terkait cerita atau daerah asal cerita.
  • Buku Dongeng Binatang Nusantara merupakan cerita fabel yang diangkat dari beberapa tempat di Indonesia sehingga dapat memperkaya wawasan akan budaya Indonesia bagi anak-anak yang membacanya.
  • Menampilkan ilustrasi menarik yang full color serta dibubuhi pesan moral dan budi pekerti di setiap ceritanya.
  • Dilengkapi dengan fitur mendengarkan dalam bentuk audio podcast dengan cara memindai (scan) QR Code di setiap lembar halaman cerita. 

 

audio book Cerita Rakyat Nusantara dan Cerita Binatang Nusantara

 

 

Intip konten kedua buku dongeng di atas di Youtube:

 

Cerita Rakyat Nusantara :

 

 

Dongeng Binatang Nusantara :


 

 

Yuk bekali anak-anak dengan literasi kekinian melalui buku Cerita Rakyat Nusantara dan Dongeng Binatang Nusantara lengkap dengan fitur Audio Book di setiap ceritanya. Dapatkan buku-buku ini di toko buku Gramedia, toko buku online, atau reseller Cikal yang terdekat dari kota kalian atau bisa pesan bukunya di Online store Cikal Aksara di Shopee : www.shopee.co.id/cikalaksara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share your thoughts