berhitung-header

Berhitung Seru Bersama Si Kecil

berhitung-header

Si kecil belum bisa berhitung? Mengajari si kecil belajar berhitung ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Asal tahu triknya, pasti ia mau belajar dengan semangat. Bagaimana caranya?

Ajak si kecil untuk belajar dengan perasaan yang senang. Jangan ajak ia saat sedang bad mood, karena akan mempengaruhi konsentrasinya. Anak bersifat mudah bosan, apalagi jika diajak belajar. Maka triknya adalah menyelipkan unsur kesenangan dalam pelajaran, seperti menghitung dengan permainan yang menarik dan penuh warna.

berhitung-2Misalnya dengan mewarnai buah-buahan yang ada di pohon ini. Si kecil diminta untuk mewarnai 5 buah pepaya dengan warna hijau, agar jumlahnya menjadi 9. Begitupun dengan 6 buah apel yang harus diwarnai dengan warna merah agar berjumlah 9. Dengan begitu, si kecil dapat mengenali warna, bentuk, dan juga belajar berhitung.

Latihan lainnya adalah pengurangan angka. Hewan-hewan lucu berikut bisa membantu si kecil agar mau melakukan latihan pengurangan. Anda juga bisa mengarang cerita atau dongeng hewan sambil mengajari latihan. Misalnya seperti berikut:

berhitung-1“Ada 6 ekor penguin sedang pergi ke pantai. Mereka ingin piknik di tepi pantai, jadi setelah menggelar tikar, mereka memakan bekal yang dibawa dari rumah. Setelah kenyang, 2 ekor penguin yang bernama Pongo dan Pingi berenang ke laut. Nah, ada berapa ekor penguin yang ada di tikar pantai, ya?”

Cara story telling atau bercerita seperti itu selain membantu si kecil belajar berhitung, juga membantu mengembangkan imajinasinya. Tidak hanya latihan penambahan dan pengurangan, latihan menulis angka belasan dan mewarnai pun tersedia untuk si kecil.

 

 


mudah-dan-seru-belajar-berhitung-utk-tkBeragam latihan yang dikemas dalam permainan yang menarik tentu dapat dipelajari si kecil dengan menyenangkan. Buku Mudah & Seru Belajar Berhitung untuk TK dari Katarina Jaya dapat membantu Anda mengajari si kecil.

Share your thoughts