Screen Shot 2014-06-02 at 11.48.24 AM

Bermain Sambil Belajar dengan Kartu

Screen Shot 2014-06-02 at 11.48.24 AM

Memberikan stimulus kepada bayi dan balita bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Namun, apa pun cara yang ditempuh, sebaiknya orangtua tetap berpegangan pada prinsip bahwa masa balita adalah masanya bermain. Tidak dibenarkan memberikan stimulus yang berlebihan kepada mereka. Orangtua juga tidak perlu terlalu ambisius menginginkan target tertentu dari mereka.

Screen Shot 2014-05-20 at 12.06.11 PMSalah satu metode pemberian stimulus untuk balita yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kartu bergambar. Isi gambar bisa berupa benda-benda atau makhluk hidup di sekitar kita. Saat memilih kartu untuk balita, lebih baik pilih yang berisi gambar faktual, misalnya foto benda aslinya. Dengan gambar faktual, otak anak tidak terlalu dipaksa untuk membayangkan bentuk asli benda itu dibandingkan dengan yang hanya berupa ilustrasi.

Saat akan menggunakan kartu kepada balita, ciptakan suasana yang nyaman dan ceria layaknya sedang bermain. Mulailah dengan menunjukkan gambar kartu kepada mereka, lalu ucapkan nama gambar yang ada di kartu secara berulang-ulang. Selanjutnya, orangtua bisa bercerita lebih banyak tentang isi gambar tersebut, misalnya tentang warnanya, bentuknya, sifatnya, dan manfaatnya bagi kita.

Jika memungkinkan, hubungkan juga dengan sesuatu yang nyata. Misalnya, jika ada gambar bunga, tunjukkan juga bunga yang ada di halaman rumah. Dengan begitu, tidak sekadar memori anak yang terlatih, melainkan juga sensomotoriknya. Pasalnya, menurut psikolog Dra. Mayke S. Tedjasaputra dalam sebuah seminar, pada tahap awal pertumbuhan, faktor sensomotorik justru lebih penting untuk dikembangkan.

Screen Shot 2014-05-20 at 12.08.33 PMJika ingin mencoba mempraktikkan metode ini, Kartu Pintar Balita dari Cikal Aksara bisa menjadi salah satu pilihan. Di dalam set kartu tersebut, ada beberapa kelompok kosa kata, yaitu hewan, sayuran, buah-buahan, makanan, dan alat-alat untuk berkebun. Semua dilengkapi dengan bahasa Inggrisnya beserta cara bacanya. Utamanya, semua gambar di kartu ini berupa foto yang jelas dan menarik.

Share your thoughts