maze-head

Asyiknya Bermain Maze sambil Belajar

maze-head

Saat ini sudah banyak sekali jenis permainan edukatif yang melatih kreativitas anak. Mulai dari kartu pintar, menyusun balok, puzzle, dan lain sebagainya. Ada satu lagi permainan edukatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, yaitu maze atau biasa juga dikenal dengan sebutan labirin.

Maze adalah permainan yang menggunakan lajur-lajur berliku dan sempit yang bisa saja ditemukan jalan buntu atau rintangan di dalamnya. Menurut pengertian dalam bahasa Inggris, maze berarti membingungkan. Biasanya maze terbuat dari kertas atau karton yang di dalamnya berisi lajur-lajur sempit dengan berbagai perintah. Seperti si kecil diminta mencocokkan warna buah , atau menemukan jalan tanpa rintangan untuk menuju ke rumah. Untuk bermain maze, si kecil hanya perlu alat bantu berupa pensil untuk menelusuri lajur-lajur supaya jelas terlihat.

Ada beberapa manfaat bermain maze. Antara lain untuk melatih koordinasi mata dan tangan anak, karena mereka harus menelusuri lajur-lajur dari awal sampai ujung. Permainan ini membantu anak mengenal bentuk dan ini merupakan langkah penting menuju pengembangan keterampilan membaca.

maze-1Selain itu maze juga dapat melatih kesabaran anak dalam menyelesaikan suatu tantangan. Misalnya seperti gambar berikut. Si kecil diminta untuk menghubungkan 5 ekor semut ke rumahnya masing-masing. Terlihat rumit karena terdapat beberapa jalanan yang saling tumpuk menumpuk. Ajak si kecil untuk menelusuri jalan tersebut dengan petunjuk seperti semut dengan angka 6, menuju rumah dengan angka 6 juga. Begitupun seterusnya dengan angka lainnya. Gunakan pensil agar ia tidak bingung dalam menyelesaikan tantangan ini.

Manfaat lain dari maze adalah anak akan belajar, misalnya maze tentang warna dan bentuk. Dengan cara ini, si kecil akan lebih tertarik belajar dibanding dengan pengetahuan yang dihafalkan. Selain itu, si kecil juga dapat belajar konsep dasar, huruf, binatang, angka, dan lain-lain. Pada gambar terlihat si kecil dapat belajar warna, angka, dan tentunya kesabaran dalam bermain maze.

Manfaat maze di atas sangat berguna bagi si kecil, apalagi untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Karena di dalam maze, di kecil dapat melatih kontrol otot kecil dan koordinasi mata, tangan, dan jari. Maze juga bermanfaat bagi perkembangan motorik anak, merangsang motivasi dan minat si kecil dalam belajar. Yuk, bermain maze bersama si kecil! ☺


maze-coverTertarik dengan berbagai permainan maze untuk si kecil? Buku Asyik Bermain Maze dari Nurul Ihsan bisa Anda gunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

 

Share your thoughts