fun coloring

Ini Dia Cara Memotivasi Anak Agar Suka Aktivitas Mewarnai, 6 Tema Variatif Ini Bisa Jadi Pilihan

Aktivitas mewarnai merupakan salah satu kegiatan populer dan seru untuk usia balita hingga taman kanak-kanak. Kegiatan yang bermanfaat mengasah motorik halus dan kreativitas ini relatif murah. Cukup menyediakan krayon atau pensil warna, serta kertas berobyek gambar tertentu, anak-anak langsung bisa diarahkan oleh Bunda untuk mencobanya.

Namun, bagaimana ketika anak kurang menyukai aktivitas ini? Misalnya anak selalu mengelak untuk memulai dan melakukan kegiatan ini.

Memang apa pun aktivitasnya, ketika bersentuhan dengan anak, pada dasarnya tidak boleh dipaksakan. Semua harus melalui pendekatan yang menyenangkan dan asyik. Orang tua yang ingin mengajak segala sesuatu untuk anak perlu dekat secara fisik dan menyentuh hatinya.

Kembali pada kegiatan mendorong anak untuk suka kegiatan mewarnai ini, setidaknya ada 8 cara yang bisa dicoba untuk mengajak anak Anda mau melakukan kegiatan mewarnai.

 

  1. Membersamai Anak-anak Sebelum Tidur dengan Buku dan Dongeng

Biasakan dan tunjukkan buku-buku cerita berilustrasi gambar yang menarik agar anak-anak mulai mengenal bentuk-bentuk, aneka warna, dan yang tidak kalah penting Bunda perlu membacakan isinya ya. Hal ini untuk memberikan pengalaman dan pengantar agar anak-anak nantinya bisa terbayang apa yang ingin mereka warnai.

2. Merencanakan Kegiatan Mewarnai Sebelum Anak Tertidur

Obrolkan rencana kegiatan mewarnai sebelum anak tertidur sembari membuka-buka buku cerita bergambar. Buku-buku yang berwarna tentu saja. Misalnya, dengan pengantar, “Dek, kamu paling suka warna apa dalam halaman ini. Kamu mau bisa menggambar karakter seperti itu?” Selanjutnya coba ajak dan rencanakan esok hari untuk melakukan aktivitas mewarnai.

 

3. Perlihatkan Karakter Gambar yang Mereka Sukai

Tanyakan karakter gambar atau jenis gambar yang mereka sukai. Bantu carikan melalui handphone atau laptop di Google Images. Sebelum dicetak, tanyakan kalau Bunda cetak/print ini, kamu mau melengkapi gambar ini dengan warna. Jika anak terlihat antusias dan suka, cobalah mencetak 1—2 lembar.

 

4. Tunjukan dan Berikan Contoh Cara Mewarnai dengan Cara Bermain

Misalnya dengan mencelupkan tangan anak-anak ke dalam cat yang aman, dan memindahkan ke kertas. Keseruan ini bisa Bunda dokumentasikan, termasuk kertas yang sudah dicap dengan telapak tangan.

 

5. Mencampurkan Warna dengan Media Air

Anak-anak suka bermain air. Coba padukan cat air warna yang aman di tangan dengan air. Mereka akan senang ketika melakukan ini. Lalu tempelkan di media kertas. Aktivitas ini bisa bertambah asyik dan seru ketika dilakukan bersama-sama lebih dari 2 anak.

 

6. Tanyakan Tema Gambar Apa yang Mereka Sukai

Tema atau obyek gambar apa saja sih yang disukai oleh anak-anak? Bunda bisa menunjukkan beberapa tema binatang hingga aneka macam dinasaurus. Tema lain seperti menggambar pemandangan alam, aneka jenis pekerjaan/profesi, peri ajaib, atau aktivitas anak bisa menjadi ide bahan untuk mewarnai.

 

7. Ajak melakukan kegiatan mewarnai bersama-sama

Kegiatan mewarnai walaupun bersifat individual, tetapi ada baiknya aktivitas ini dilakukan bersama-sama. Jika ada teman seusianya atau tetangga, bisa dilakukan bersama-sama agar ada motivasi dan semangat.

 

8. Menonton video cara mewarnai dengan berbagai media

Perlihatkan dan dampingi 1-2 menit menonton video cara mewarnai, misalnya dari kanal YouTube. Cara-cara mengores dan mewarnai serta memilih mewarna bisa dijumpai pada banyak kanal YouTube. Salah satunya seperti  di bawah ini.

 


 

 

6 Inspirasi Obyek Mewarnai dari Buku Fun Coloring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:  Unsplash

 

 

 

 

Share your thoughts