mewarnai dengan oil pastel

Menggambar dan Mewarnai Suasana Lomba Balap Karung #17an dengan Oil Pastel

Menggambar dan mewarnai adalah dua aktivitas menyenangkan bagi anak-anak. Orang tua tidak boleh lenggah mengenalkan kegiatan ini. Cukup bermodal buku gambar atau kertas hvs serta pensil dan alat mewarnai, aktivitas ini bisa mengalihkan anak-anak dari gadget-nya.

Biasanya mewarnai dan menggambar cocok disampaikan pada anak masuk usia PAUD.  Kedua aktivitas ini tidak saja untuk merangsang gerak motorik dan mengasah bakat. Lebih dari itu, daya kerja otak kanan dan otak kiri juga akan terasah. Otak kanan melatih anak untuk berimajinasi dan berkreasi. Sementara itu, otak kiri untuk membantu anak belajar proposional dalam membuat bentuk-bentuk dan garis.

Dari sisi psikologis, kemampuan konsentrasi, ketekunan, dan kesabaran akan ditempa melalui kegiatan ini. Maka kegiatan ini memang perlu dan penting.

Mulai dari mana? Orang tua bisa mengenalkan cara menggambar dan mewarnai yang diambil dari YouTube.  Atau memperlihatkan gambar-gambar menarik yang ada di Google.

Obyek untuk mewarnai dan menggambar bisa apa saja, seperti aktivitas pada keseharian di sekitar anak-anak. Model ini akan membawa gambar pada gaya gambar realitas.

Sebagai inspirasi berikut langkah mudah menggambar orang-orang dalam enam langkah yang bisa untuk belajar menggambar.  Dalam panduan yang disampaikan Kak Tri Harianto, alat mewarnai yang dipakai menggunakan oil pastel yang sudah jamak dikenal anak-anak. Kak Tri adalah seorang pekerja seni yang sering membagikan ilmunya dalam bentuk buku dan workshop-workshop.

Berikut langkah sederhananya.

Menggambar Suasana Lomba Balap Karung

 

  1. Ambil pensil dan penghapus. Gambar bentuk kepala orang/anak bentuk bulat, badan, dan kedua tangan seperti gambar di bawah ini.

menggambar orang dan aktivitas dengan oil pastel

 

2. Lengkapi badan anak tersebut dengan gambar karung.

 menggambar orang dan aktivitasnya dengan oil pastel

 

 3. Tebalkan dengan krayon warna hitam di bagian pinggir kepala, badan, tangan, dan karungnya. Tambahkan satu anak lagi di sebelah kanannya.

mewarnai dengan oil pastel

 

 4. Tebalkan obyek anak kedua dengan krayon hitam. Dan tambahkan gambar anak ketiga di sebelahnya.

 

menggambar-4

 

5. Tebalkan obyek anak ketiga dengan krayon hitam. Sebagai pembeda, berikan gaya rambut ikal.

menggambar-5

 

6. Gambar tipis-tipis latar suasana balap karung, seperti siluet/bayangan keramaian penonton dan bendera-bendera segitiga yang menggantung.

 

menggambar dan mewarnai dengan oil pastel

Yak, sementara gambar selesai dibuat, agar lebih seru lagi, yuk ambil oil pastel.

BACA JUGA

Step by Step Mewarnai Buah Pepaya dengan Oil Pastel

 

Langkah Mewarnai Gambar dengan Oil Pastel

 

Oil pastel berbeda dengan krayon. Kak Tri Harianto, menjelaskan bahwa oil pastel memiliki sifat sedikit mengandung lilin, hasil warna cerah dan cemerlang, serta memiliki variasi warna yang lebih banyak.

Nah, sudah siap mewarnai dengan oil pastel? Eiit, siapkan dahulu beberapa oil pastel warna coklat, orange, merah, biru, dan hijau tua, hijau muda, kuning dan ungu.

Langkah A, pulas atau warnai sebagian karung balap dengan warna merah.

mewarnai dengan oil pastel

 

Langkah B, pulas atau warnai karung balap dengan warna cokelat, berikan gradasi warna.

 

mewarnai dengan oil pastel

 

Pada langkah C, pulaskan warna cokelat, orange, dan merah pada karung. Warnai baju anak pertama dengan ungu, anak kedua dengan merah, dan anak ketiga dengan hijau lumut. Untuk detailnya lihat gambar.

mewarnai dengan oil pastel

 

 

Langkah D, berikan gradasi warna pada baju masing-masing anak dan warnai tumbuhan di sebelah kiri dengan gradasi warna hijau dan sebelah kanan dengan gradasi warna merah. Berikan akses daun dengan warna ungu.

mewarnai dengan oil pastel

 

 

Langkah E, warnai bayangan penonton ramai dengan gradasi warna abu-abu. Berikan warna rumput dengan paduan warna hijau tua dan kuning.

mewarnai dengan oil pastel

 

Langkah F,  sebagai langkah terakhir, berikan warna langit dengan biru tua dan muda, dipadu warna putih untuk awan, selesai. Hasil akhir seperti gambar di bawah ini.

 

mewarnai dengan oil pastel

 

 

menggambar orang aktivitasnya dengan oil pastelInspirasi dan panduan langkah menggambar dan mewarnai dengan oil pastel bisa dijumpai dalam buku “Menggambar Orang dan Aktivitasnya dengan Oil Pastel“, karya Tri Harianto. Ada banyak suasana dan aktivitas orang yang bisa digunakan untuk belajar mewarnai. Buku ini ditujukan untuk anak usia PAUD, TK, dan SD.

 

 

 

 

 

Share your thoughts