ensi-trans

Menjelajah Lautan dengan Kapal Pesiar

Ya, kapal pesiar adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar dengan dilengkapi fasilitas semewah hotel berbintang. Biasanya, kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Dalam satu kali pelayaran, kapal tersebut melakukan perjalanan beberapa hari atau beberapa bulan.

Sebenarnya, banyak kapal pesiar yang bisa kamu temukan di berbagai negara. Sebut saja Royal Caribbean dan Queen Mary. Kedua kapal pesiar ini juga memiliki julukan masing-masing, lho.

Royal Caribbean—Si Kota Terapung, adalah kapal pesiar terbesar di dunia. Kapal sepanjang 260 meter ini memiliki 16 lantai dengan 2.700 kamar. Kapal ini dapat menampung sekitar 5.400 penumpang. Karena itu, kapal ini jadi mirip sebuah kota yang terapung di tengah lautan. Fasilitasnya sangat lengkap, mulai dari area bermain anak, area bisnis, kolam renang, arena pertunjukkan sampai taman seluas lapangan sepakbola. Kapal ini dibuat oleh dua perusahaan kapal asal Norwegia dan Amerika Serikat.

Queen Mary—Si Hotel Terapung, adalah kapal pesiar termewah di dunia. Kapal pesiar ini sangat mewah mirip hotel terapung dengan fasilitas 15 restoran, 5 kolam renang, kasino, ballroom, serta sebuah planetarium. Kapal pesiar ini digerakkan oleh 4 mesin diesel dan 2 mesin gas yang mirip dengan mesin pesawat jet. Mesin tersebut memiliki kekuatan tenaga 90.100 tenaga kuda sehingga menyinari listrik sebuah kota.

Nah, adik-adik, selain kapal pesiar masih banyak lagi, lho, jenis kapal laut lainnya. Kamu bisa membacanya dalam buku Ensiklopedia Transportasi Dunia yang ditulis oleh Nuri Mentari Dini.

Buku yang diterbitkan oleh Cikal Aksara ini berisi macam-macam informasi mengenai alat transportasi darat, laut, dan udara dari yang masih kuno, modern, hingga yang paling canggih. Ada yang digunakan untuk pribadi, massal, balap, militer, bahkan ada yang digunakan untuk perjalanan ke luar angkasa. Menarik, kan?

Nah, melalui buku ini juga, kamu bisa mengetahui kapan dan bagaimana alat transportasi itu dibuat, serta siapa saja orang-orang yang berjasa membuatnya.

Selamat membaca!

Share your thoughts