pola marmut digunting

Tip Mengajari Anak Menggunting Kertas/Stiker

Halo bunda, khususnya bagi balita tentu saja ini pengalaman pertama. Jangan khawatir bunda. Biasanya anak usia 3 hingga 4 tahun sudah bisa dikenalkan aktivitas menggunting dan menempel. Aktivitas ini bagus melatih motorik halus anak.

Bagi bunda nampak akan terasa mengkhawatirkan melihat anak bermain dengan gunting. Tenang bunda, asal buah hati tetap didampingi dan diberikan gunting khusus untuk anak yang bentuk ujungnya tumpul sehingga lebih aman.

Pertama, ajari menggunting bentuk-bentuk lurus, seperti bentuk kotak. Ajari jemari mana saja yang harus bergerak. Misalkan, jempol dan telunjuk serta jari tengah yang digerakkan. Buatkan garis bantu putus-putus untuk bagian obyek yang akan digunting oleh anak. Berikan perintah untuk melakukan perlahan-lahan.

BACA JUGA:

Ini Alasan Penting Dibalik Aktivitas Menggunting dan Menempel Untuk Anak

Kedua, setelah belajar menggunting dengan garis lurus. Berikan pola segitiga dan lengkung serta pola dengan bentuk bergelombang.

Ketiga. agar perhatiannya terfokus, sebaiknya lakukan di tempat yang tenang. Jika perlu, matikan televisi dan sembunyikan handphone jauh-jauh.

Keempat, hasil guntingan kertas pertama mungkin akan membuat anak kagum. Aku bisa! Jika ada euforia seperti ini, tetap saja perlu didampingi ya. Berikan tantangan lanjutan. Agar si anak tidak langsung merasa sudah bisa memotong pola kertas yang lurus, karena masih ada pola-pola lain seperti lengkung yang perlu latihan lebih banyak.

Kelima, berikan tantangan lanjutan lain seperti, menggunting obyek kertas stiker. Ini pasti lebih seru karena selain belajar keterampilan menggunting langsung di atas kertas stiker, objek yang digambar juga biasanya menarik. Rujukan ini bisa dijumpai dalam buku Asyik Menempel Stiker Hewan Liar. Beberapa contoh hewan liar yang dijadikan obyek menggunting dan menempel antara lain, ikan hiu, singa, beruang, monyet, gajah, dan landak.

Selain buku di atas ada juga buku Asyik Menempel Stiker Hewan Peliharaan. Kedua buku ini diterbitkan oleh Cikal Aksara. Selamat mencobanya.

 

 

 

 

 

Share your thoughts