Bunda, Inilah Manfaat Mendongeng bagi Anak

Aktivitas mendongeng merupakan salah satu aktivitas yang sudah dilakukan oleh para orangtua kepada anaknya sejak dulu kala. Biasanya, aktivitas ini dilakukan menjelang tidur.

Meski terkesan sederhana, aktivitas mendongeng memiliki manfaat luar biasa terhadap tumbuh kembang anak, lho. Apa saja? Berikut beberapa manfaat mendongeng yang dikutip dari berbagai sumber.

Mengasah daya imajinasi

Percaya atau tidak, membacakan dongeng secara lisan akan mengasah daya imajinasi anak terhadap cerita yang Bunda sampaikan. Mereka akan mengkhayalkan apa yang disampaikan dalam dunia imajinasinya. Mereka bebas mengembangkannya berdasarkan alam pikiran mereka.

Membangun kedekatan antara ibu dan anak

Semakin Bunda sering membacakan dongeng untuk anak, semakin besar kesempatan Bunda untuk mengenal lebih dalam karakter anak. Yang pasti, secara perlahan kedekatan antara Bunda dan buah hati pun akan semakin kuat. Hal itu tentunya sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Menstimulasi perkembangan otak dan kecerdasan anak

Anak dengan segala rasa ingin tahunya yang tinggi seolah tidak pernah lelah untuk bertanya. Begitu pun saat ia mendengarkan dongeng yang Bunda bacakan. Akan banyak pertanyaan, seperti “mengapa begini” atau “apa itu”, yang akan ia lontarkan kepada Bunda.

Meningkatkan kemampuan verbal

Mendongeng tidak hanya menceritakan apa yang ada di dalam buku, lho, Bun. Ada kalanya Bunda juga menjelaskan beberapa kata yang mungkin belum dipahami oleh sang buah hati. Hal tersebut tentunya akan memperkaya perbendaharaan kosakata anak dan secara tidak langsung akan membantu anak dalam meningkatkan kemampuan verbalnya.

Menumbuhkan rasa cinta membaca

Kebiasaan mendongeng secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa cinta anak terhadap membaca. Dongeng-dongeng terbaik dengan cerita yang inspiratif dan bernilai positif akan membantu menumbuhkan rasa cinta membaca. Mereka akan merasa bahwa dengan membaca banyak hal yang bisa mereka dapatkan dan pelajari.

Mengembangkan emosi

Seperti kita ketahui, cerita dalam dongeng tidak melulu berakhir bahagia. Nah, melalui dongeng ini anak bisa merasakan berbagai macam emosi, seperti sedih, gembira, takut, dan sebagainya.

Mengenal bermacam budaya

Dongeng tidak hanya berasal dari dalam atau luar negeri saja. Dengan membacakan dongeng dari berbagai penjuru dunia, anak akan diajak untuk mengenal budaya, tentunya termasuk budaya Indonesia.

Ternyata begitu banyak ya, Bun, fakta unik dibalik proses mendongeng. Yuk, mulai sekarang luangkan waktu untuk mendongengkan cerita kepada buah hati kesayangan.


Kumpulan-Dongeng-Binatang-Terpopuler-Sepanjang-MasaKumpulan Dongeng Binatang Terpopuler Sepanjang Masa karya Dian Kristiani berisi 20 dongeng yang menggambarkan kehidupan dan keseharian binatang yang bertingkah laku seperti manusia. Dilengkapi juga dengan fakta unik tentang binatang tersebut.

Foto oleh: ThomasLife

Share your thoughts