kingu2

Fakta Menarik Kanguru

kingu

Kanguru adalah binatang berkantong yang sangat pandai melompat. Di alam, mereka hanya ada di Papua dan Australia. Tetapi, kamu bisa melihatnya langsung di kebun binatang terdekat. Selain pandai melompat, apa saja ya keunikan hewan ini? Kita kenalan dengan mereka, yuk!

1. Bayi kanguru yang baru lahir, ukurannya hanya sebesar biji kopi. Ia akan merayap masuk ke kantong Ibu untuk menyusu.
2. Bayi kanguru akan terus berada di kantong hingga tumbuh besar. Ia akan turun pertama kali saat usianya sekitar 190 hari. Selanjutnya, sesekali ia masih akan kembali masuk kantong untuk menyusu hingga usia 7—10 bulan.
3. Kanguru adalah herbivora. Makanan kesukaannya adalah rumput.
4. Melompat dengan kedua kaki belakang adalah satu-satunya cara kanguru untuk bergerak atau berpindah tempat.
5. Tungkai depan kanguru pendek, tetapi ototnya sangat kuat, digunakan untuk berkelahi.
6. Jika sedang duduk atau diam, kanguru akan menggunakan ekor besarnya untuk menyangga tubuh seperti tripod.
7. Kanguru tidak bisa bergerak atau berjalan mundur. Itulah mengapa dia dijadikan simbol nasionalisme Australia yang berarti harus terus bergerak maju.
8. Kanguru bisa melompat hingga setinggi 3 meter.
9. Kecepatan kanguru bisa mencapai 65 km/jam, seperti motor yang melaju kencang.
10. Kanguru memiliki pendengaran yang baik. Dia bisa memutar kedua telinganya ke arah yang berbeda tanpa memutar kepalanya.

Bagaimana, seru kan mengenal kanguru lebih dalam? Cerita tentang kanguru ini bisa kamu baca dalam buku Kingu, Kanguru yang Lincah karya Watiek Ideo. Selain kanguru, lengkapi juga pengetahuan kamu tentang binatang-binatang lain, seperti lumba-lumba, burung hantu, dan gajah.


kingu-cover

Kingu, Kanguru yang Lincah mengisahkan tentang pengalaman seekor anak kanguru saat ia berada dalam kantong perut ibunya hingga ia turun ke tanah dan melompat-lompat.

beli

Share your thoughts