Manfaat Mewarnai Pemandangan Alam Danau Toba

mewarnai pemandangan alam

Pemandangan alam adalah obyek yang paling disukai untuk belajar mewarnai untuk anak. Biasanya nuansa pegunungan berteras sawah yang sering kali mereka gambar dan warnai. Gambaran pemandangan dua gunung dengan matahari yang menyembul di tengah-tengah, ada baiknya ditinggalkan, karena terlalu jamak dan umum digunakan oleh anak-anak di Indonesia.

Banyak ide lain yang bisa digali, seperti bentang alam Indonesia seperti laut, danau, persawahan, dasar lautan, dan sungai. Obyek tersebut bisa menjadi media latihan mewarnai. Selain untuk mengenal destinasi wisata Nusantara, anak bisa belajar banyak hal dari kegiatan ini.

Ada banyak contoh obyek wisata menarik yang bisa dijadikan media mewarnai bagi anak. Dalam buku Fun Coloring Mewarnai Pemandangan diberikan contoh seperti Danau Toba, Sungai Kapuas, Taman Laut Bunaken, Taman Laut Wakatobi, dan banyak lagi.

Silakan bunda download contoh gambar Danau Toba di sini, untuk belajar mewarnai. 

Sembilan Manfaat Kegiatan Mewarnai untuk Anak

 

Setidaknya ada sebelas manfaat positif ketika orang tua mengajarkan anak belajar mewarnai. Ya, biasanya kegiatan mewarnai menjadi bagian yang paling menyenangkan bagi anak saat mereka berada di taman kanak-kanak.

Aktivitas ini pun perlu dikenalkan kepada buah hati mulai usia empat tahun.

Masa tersebut adalah waktu terbaik mengajarkan anak mengenalkan warna. Melalui ketrampilan mewarnai anak akan belajar:

  • Membangun motorik halus

Motorik halus perlu dirangsang ketika jemari dan pergelangan tangan anak aktivitas menggambar dan mewarnai. Kemampuan motorik halus akan berguna untuk persiapan belajar menulis di kelas.

  • Media Berekspresi

Anak perlu diajari berekspresi. Salah satunya dengan menggambar dan mewarnai. Energi anak perlu disalurkan, salah satunya dengan kegiatan mewarnai ini. Menyalurkan ekspresi melalui peralatan warna dan alat gambar menjadi suatu karya yang bagus.

  • Mengisi waktu luang

Jika bunda bingung anak keseiringan menonton televisi, cobalah jadwalkan mereka untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai.

  • Membuang stres

Stres tidak saja hinggap pada orang dewasa, anak pun bisa. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas mewarnai nyatanya secara psikologi membantu mengurangi stress pada anak-anak.

  • Mengasah kreativitas anak

Rangsang otak kanan anak dengan kegiatan mewarnai. Hal ini bisa pula membangkitkan kreativitas anak.

  • Mengenal warna, garis, dan bidang

Setidaknya ada 12 warna yang biasa ditemui dalam alat mewarnai, baik pada pensil warna, krayon, oil pastel, maupun cat air. Di sini anak bisa belajar mengenal warna, mengingat nama-nama warna. Selain itu, secara tidak langsung anak juga bisa belajar mengenal aneka garis (lengkung, lurus, dan kurva).

  • Mengenal peralatan mewarnai

Krayon dan pensil warna adalah dua perangkat mewarnai yang perlu dikenalkan pada buah hati sejak dini.

  • Belajar konsentrasi dan fokus

Mewarnai itu mengasyikan bagi anak. Yang lebih utama dari kegiatan ini anak bisa belajar konsentrasi dan fokus.

  • Menambah rasa percaya diri

Seiring rutinitas mewarnai, coba sesekali ajak anak mengikuti lomba mewarnai, hal ini untuk menambah rasa percaya diri pada kemampuannya dan menumbuhkan keberaniannya.

fun coloring mewarnai pemandanganBuku Fun Coloring Mewarnai Pemandangan memberikan edukasi dan informasi mengenai beberapa pemandangan yang menarik yang ada di Indonesia dan di luar negeri.

Yuk, bunda ajak anak tetap kreatif dan banyak membaca buku.