jar-hewan

Mengenal Sistem Pernapasan pada Ikan

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan sistem pernapasan ikan, berikut adalah penjelasannya.

Saluran pernapasan ikan: air kaya O2—mulut—lamela insang—pembuluh darah (O2 diikat dan CO2 dilepaskan)—air kaya CO2 keluar melalui operkulum insang.

•    Sebagian besar ikan bernapas menggunakan insang yang dilindungi oleh tutup insang (operkulum). Di setiap sisi terdapat 5—7 buah insang.

•    Insang terdiri atas lengkung insang dan filamen (lembaran insang). Filamen terdiri atas lengkung pipih (lamela) yang kaya akan pembuluh darah.
napas-ikan•    Air yang kaya oksigen masuk melalui rongga mulut (saat operkulum menutup). Oksigen lalu berdifusi ke dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat di lamela insang, sebaliknya karbonmonoksida dilepaskan. Selanjutnya, operkulum membuka dan air (miskin oksigen) keluar melalui insang bersamaan dengan karbonmonoksida.
•    Aliran air di atas lamela berlawanan arus dengan aliran darah di dalam kapiler (countercurrent flow) sehingga meningkatkan pemindahan oksigen dari air ke darah.

Selengkapnya mengenai sistem pernapasan ini bisa kamu baca dalam Poster Biologi SMP & SMA Seri Dunia Hewan yang diterbitkan Cikal Aksara.

Melalui poster ini, kamu bisa mempelajari segala hal tentang dunia hewan. Mulai dari sistem sel dan jaringan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem ekskresi, metamorfosis, hingga ekosistemnya.

Share your thoughts