My First English Dictonary AR

Perkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak-anak dengan Aplikasi Augmented Reality (AR)

Jenis aplikasi berteknologi AR (Augmented Reality) untuk edukasi wajib dikenalkan pada anak-anak. Anak-anak bisa berinteraksi dengan tampilan visual tiga dimensi (3D) yang mirip kenyataan. Ini akan lebih menarik dan asyik. Sembari bermain gadget tidak terasa belajar juga.

Teknologi AR sempat ramai saat game Pokemon GO sempat mewabah. Game ini dikenal membuat penggunanya aktif bergerak dan interaktif. Perpaduan visual gambar nyata dan teknologi AR membuat game nampak lebih “nyata.”

Dalam perkembangannya, AR selain masuk di banyak wilayah hiburan, seperti game, juga masuk dalam bidang komersial. Dalam bidang edukasi AR termasuk hal baru. Mesti begitu AR memungkinkan sekali menarik minat anak dalam belajar berbagai hal. Khususnya dalam pelajaran bahasa, visualisasi 3D bisa memotivasi anak dalam belajar hal-hal yang sederhana hingga kompleks.

Nah, membuka awal tahun ini, CikalAksara bersama penulis Yurinda Dini, berkolaborasi dengan developer aplikasi, coba menggabungkan konten buku dengan fitur AR. Melalui fitur ini konten gambar yang ada di dalam buku akan menjadi tiga dimensi jika dilihat dari gadget dengan cara memindai (scan) gambarnya.

Agar aktivitas belajar yang seru ini bisa berjalan, aplikasi khusus di ponsel Android ini perlu diunduh dan install. Unduh aplikasi AR Cikal Aksara bisa dari sini. Menambahkan pembendaraan kata dalam Bahasa Inggris melalui teks dan gambar, ditambah dengan aplikasi ini diharapkan dapat menarik minat baca anak.

Inilah salah satu kelebihan dari aplikasi AR, paduan gambar 2D (dua dimensi) bisa diubah, dalam aplikasi AR menjadi visual tiga dimensi. Ini bisa menjadi kamus bergambar pertama yang menarik bagi anak-anak. Mereka bisa melihat visual gambar yang lebih menarik dan nyata. “My First English Book Dictionary” ini bisa digunakan untuk anak usia TK dan SD.

Sekitar 50 tema kosakata bahasa Inggris disusun dalam gambar dan desain yang menarik bagi anak-anak. Dari tema keluarga, rumah, angka, berbagai aktivitas, hingga tema suasana luar angkasa ada di dalam buku ini.

***

My First English Dictonary ARPerpaduan aplikasi 3D AR dan buku “My First English Dictionary” ini bisa memperkaya kosakata bahasa Inggris pada anak-anak yang baru belajar bahasa ini. Buku ini dikemas dalam gambar-gambar penuh warna yang tersedia di dalam kamus ini sangat menarik sebagai penunjang sehingga anak bisa melihat pembendaharaan kata dalam bentuk visual. Unduh file aplikasi 3D AR milik Cikal Aksara bisa di sini.

 

 

 

 

 

 

 

Infografis Cara Menggunakan Aplikasi Augmented Reality

 

cara menggunakan 3D aplikasi augmented reality

 

 

Share your thoughts