Persiapan Belajar Membaca untuk Balita dengan Flash Card Kartu Pintar

Balita memiliki kecenderungan lebih mudah dikenalkan pada bahasa simbol dan bahasa gambar. Salah satu media belajar awal untuk balita dalam mengenalkan wawasan secara visual dapat menggunakan flash card atau kartu bergambar. Cara ini efektif dan menyenangkan seperti halnya bermain, tanpa perlu tahu, mereka sedang belajar mengenal aneka wawasan gambar, termasuk kata, angka, dan huruf.

Salah satu manfaat flash card adalah media pengenalan untuk balita sebelum belajar membaca. Sudah jamak penelitian flash card dalam mempermudah anak belajar pengenal pengetahuan seperti angka, huruf, dan kosakata.

Durasinya cukup 1—2 menit saat menunjukkan flash card pada balita. Sebab daya konsentrasi saat umur balita tidaklah lama. Bisa dilakukan lewat flash card, sembari bermain, tanpa ada paksaan untuk menyuruh mereka duduk diam. Inilah aturan menyodorkan flash card pada balita. Yak, santuy saja, Bun 😀

Flash card biasanya diperkenalkan dalam tema senada. Misalnya tema pengenalan dunia tumbuhan, hewan, angka, huruf, warna, bentuk, dan kosa kata.

 

Mengenalkan Tema Angka, Huruf, Warna, & Bentuk

Ada dua tema kartu pintar, yang baru saja dirilis oleh Cikal Aksara. Kartu pertama bertema Angka, Huruf, Warna, dan Bentuk. Tujuan kartu pintar ini memperkenalkan empat tema dasar kepada para balita. Angka untuk perkenalan belajar berhitung. Huruf untuk dasar belajar baca dan mengenal kata. Sementara itu, warna dan bentuk untuk dasar belajar mewarnai dan menggambar.

Kartu pintar kedua, bertema Hewan dan Tumbuhan. Tujuan dari kartu ini memperkenalkan aneka hewan dan tumbuhan dalam wujud foto asli. Visual yang menarik, dilengkapi dengan nama dalam bahasa Inggris.

Cara ini lebih nyata dalam mengenalkan hitungan jumlah kepada balita. Misalnya dengan memperlihatkan jumlah binatang rubah dalam flash card.

Kartu Pintar Balita

Kelebihan Kartu Pintar Balita dibandingkan dengan jenis Flash Card Lainnya

Dilihat berdasarkan dimensinya, bentuk flash card berukuran 10 x 15 cm, tujuan mudah disimpan dan dipegang. Dengan tebal kertas karton 190 gram, sisinya berujung elips yang tidak lancip sehingga aman untuk anak. Jumlah kartu pintar ada 64 lembar dengan gambar foto asli.

Dalam kedua kartu pintar ini, pengenalannya sudah bilingual, yaitu mengenalkan objek dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dilengkapi dengan pengucapannya. Ada bonus 1 lembar stiker di kedua kartu pintar ini. Tempat penyimpanan kartunya juga sudah menggunakan boks khusus dengan dua ring penjepit agar kumpulan kartunya tidak mudah tercecer.

Kartu Pintar Balita

Kartu Pintar sudah terbit, dua tema kartu ini sudah bisa didapatkan di toko buku Gramedia dan toko buku daring langganan bunda. Ajak anak bermain sembari belajar dengan kartu pintar. Inilah cara lebih santuy mengajari anak dengan flash card. Barangkali suasana rumah akan lebih seru dan asyik bun. Silakan dicoba.

 

—–

Dapatkan promo pembelian bundling Kartu Pintar Balita dengan diskon 10% plus gratis pouch blacu di toko buku online dan reseller kami. Promo ini dibuka mulai 7 November – 15 November 2019. Info lebih lanjut bisa follow Instagram @cikalaksara.

—–

 

Share your thoughts