anak-sd

Persiapan yang Dibutuhkan Anak Sebelum Masuk SD

Menurut Nawan Hatiningsih—Kepala Sekolah Mentari International School—seperti yang dikutip dalam situs parenting.co.id, ada beberapa hal yang sebaiknya sudah dikuasai oleh anak ketika akan masuk SD, seperti berikut.

•    Mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dan juga orang dewasa. Ia tak lagi takut atau malu dengan orang dewasa yang ditemuinya.
•    Mampu mengembangkan sikap kerja dan paham terhadap tugas dan kewajibannya, seperti mengerjakan PR.
•    Anak lebih bisa mengikuti instruksi dibanding saat ia masih TK.
•    Sudah mampu memusatkan perhatian dalam rentang waktu yang lebih lama.
•    Mampu membedakan bentuk geometri, seperti segitiga, segi empat, lingkaran, dan sebagainya.
•    Bisa mengingat fakta ataupun detil.
•    Memiliki kemampuan menyebutkan angka, serta memahami konsep dasar bilangan.
•    Lancar menyebutkan huruf dan mengenali bentuk melalui bunyinya.

siap-masuk-sdBeberapa hal tersebut bisa dipersiapkan melalui proses ‘belajar’ di TK. Tetapi, peran orangtua di rumah juga cukup penting. Sejak jauh-jauh hari, ada baiknya orangtua memberikan pengertian kepada anak-anak yang akan masuk SD tentang apa yang harus mereka lakukan di sekolah SD nanti. Misalnya, bagaimana harus bersikap dengan teman dan guru yang baru, serta kewajiban mematuhi peraturan sekolah dan melaksanakan tugas-tugas dari guru. Orangtua juga harus melatih kemandirian dan rasa  tanggung jawab anak-anak sejak dini.

Meskipun begitu, bukan berarti orangtua terkesan menakut-nakuti si anak. Berikan pengertian dengan bahasa yang senyaman mungkin buat anak. Katakan juga kebaikan-kebaikan yang akan didapatkan si anak di SD nanti. Misalnya, di SD nanti anak akan memperoleh lebih banyak teman, dan akan belajar banyak hal baru yang menyenangkan.

Lalu, untuk memantapkan penguasaan konsep dasar, tidak ada salahnya jika orangtua mengajak sang buah hati untuk belajar bersama di rumah. Banyak buku yang bisa menjadi referensi atau bahan belajar. Salah satunya adalah buku Lembar Aktivitas Siap Masuk SD terbitan Cikal Aksara yang ditulis oleh Yekti Mawarini. Buku ini bisa menjadi media yang tepat bagi anak untuk melatih penguasaan dirinya terhadap keterampilan dasar, seperti membaca, menulis, menghitung, dan pelajaran lainnya.

Share your thoughts