manfaat-menulis-halus

Manfaat Besar Belajar Menulis Halus untuk Anak

 

Anda dapat mencetak anak Anda di usia dini dengan membangun karakter positif melalui tulisan. Salah satu yang paling mudah ialah mengajari menulis halus atau huruf tegak bersambung. Proses menulis halus dengan tangan membentuk aktivasi sensor motorik halus, sentuhan, dan visual secara terintegrasi. Ketika menarik garis lurus, anak merasakan dorongan yang lugas, tegas, dan rasional. Sedangkan ketika menarik garis lengkung, anak merasakan kehalusan, kelenturan, dan emosi. Proses ini dapat menyeimbangkan otak, mengendalikan emosi, dan meningkatkan konsentrasi.

Sebagaimana dikupas di dalam tahupedia.com, gaya menulis tegak (tidak miring) mengindikasikan bahwa karakter penulisnya lebih banyak menggunakan logika dibandingkan emosinya dalam menangani sebuah situasi. Namun, mereka tetap mempunyai reaksi emosional yang tinggi terhadap lingkungan sekitar mereka. Karakter ini sangat baik bagi masa depan anak sehingga logikanya tetap berfungsi dengan baik dan selalu bertindak rasional, tapi tidak egois terhadap sesama dan lingkungannya.

Berbeda jika karakter tulisannya miring ke kanan atau ke kiri. Tipe penulis miring ke kanan sering bertindak dalam menangani sebuah situasi berdasarkan pengaruh emosinya. Bahkan, jika miring ke kiri, tipe orang seperti ini suka menjaga emosi mereka pada semua situasi dan sering dilihat sebagai orang yang dingin dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, ajarilah anak sedini mungkin untuk menulis halus secara baik dan benar. Diharapkan, anak mendapatkan manfaat besar dari proses menulis halus ini, sekalipun pada praktiknya aktivitas tulis menulis dapat dilakukan melalui komputer.

Buku “Terampil Menulis Huruf Tegak Bersambung” terbitan Cikal Aksara dapat Anda pergunakan untuk mengajari anak Anda menulis halus ini. Buku ini telah disusun sebaik-baiknya oleh Sarah Ismullah agar anak Anda senang dan cepat dalam belajar menulis huruf tegak bersambung secara baik dan benar. Mulai dari menjiplak huruf yang belum sempurna, latihan menulis huruf, suku kata, kata pendek, kalimat pendek, hingga kalimat panjang. Dengan demikian, manfaatnya  dapat dirasakan, baik langsung maupun tidak langsung.

 

Share your thoughts