mazze

Menemukan Ragam Aktivitas Game Edukatif dan Kreatif untuk Anak

Dalam masa golden age, anak-anak perlu diajak berinteraksi dengan permainan atau game yang edukatif dan merangsang kreativitas. Mengapa? Pada masa itu, usia antara 0—5 tahun, disebut masa terbaik perkembangan dan pertumbuhan anak dari segi fisik dan kognitif.

Anak dengan mudah bisa menerima apa saja dan mempertanyakan segala hal. Dalam usia puncak ini, otak anak sedang “cerdas-cerdasnya”. Keingintahuannya pun besar. Maka waspadalah memberi asupan pendidikan, kata-kata, dan pilihlah kegiatan yang bisa mengoptimalkan anak agar maksimal di motorik gerak dan kognitif, dalam berpikir.

Apa saja kegiatan yang bisa menstimulasi otak dan badan anak pada masa golden age? Dunia anak adalah dunia permainan. Belajar perlu selalu dipadu dengan berbagai permainan. Pengenalan belajar membaca, berhitung, dan menulis pun begitu perlu dirancang dan didekati dari sisi permainan.

Aktivitas anak ini perlu didasari dengan belajar sambil melakukan, belajar sembari bermain, hingga belajar tidak terasa membosankan. Sebelum sampai dalam daftar kegiatan game edukatif dan kreatif, anak perlu dipandu oleh orangtua atau guru.

Nah, agar tidak kebingungan mencari-cari kegiatan yang cocok untuk anak, ada baiknya orangtua mencari buku bertema. Aktivitas merangsang anak untuk berinteraksi dengan aneka kegiatan ini dipandu dengan buku yang didesain baik dari sisi konten dan visual yang pas untuk usia golden age.

 

     Baca Juga:

Memilih Buku Game Aktivitas Anak

 

Apa kira-kira buku pertama yang akan dihadiahkan untuk buah hati Anda? Selain faktor lingkungan yang mendukung, memilihkan buku untuk anak penting lho, hal ini membuat mereka akan terus suka baca buku atau tidak. Pada usia dini (balita), buku-buku yang penuh gambar dan berwarna yang mencolok lebih disukai anak-anak. Karena dunia mereka masih dunia kebebasan bermain, mewarnai, mencoret, dan menggambar.

Maka, memilih materi buku untuk anak yang pas, menarik sesuai usianya menjadi bahan eksplorasi untuk para orangtua. Setidaknya ada empat hal game yang mulai bisa dikenalkan untuk anak, seperti maze game (taman sesat/ mencari jalan keluar), puzzle (teka-teki), game mencari titik perbedaan, menggambar dan mewarnai. Berikut daftar inspirasi aktivitas game edukatif dan kreatif yang bisa dikenalkan pada buah hati bunda.

 

  1. Game Mengenal Diri Sendiri

mengenal anggota badan, game edukatif

 

Tentu bunda tidak lupa kan mengenalkan identitas jenis kelamin anak kepada buah hati? Bunda bisa, mengenalkan dengan cara ini, misalnya memperlihatkan gambar perbedaan anak laki-laki dan perempuan. Permainannya menyambungkan garis putus-putus di pinggir gambar tersebut. Selain mengenali bentuk, tujuan game ini melatih syaraf motorik anak, kesabaran, dan ketekunan.

 

  1. Game Mengenal Anggota Tubuh

Selain dengan bernyanyi, mengenalkan anggota tubuh bisa dilakukan dengan menunjukkan langsung dan memperlihatkan dengan gambar anggota tubuh. Untuk game-nya, anak bisa diajak mengisikan huruf-huruf yang hilang. Dibantu ya bun!

mengenal anggota tubuh, game edukatif

 

 

  1. Sekarang Maze game. Game menemukan jalan keluar! Ke mana ya jalannya agar bisa sampai di “perosotan”?

mazze

 

  1. Aktivitas Campuran

Game ini mengajak buah hati untuk menebalkan garis-garis pada gambar di bawah ini. Nah, agar tambah menarik, memberikan blok warna pada bagian gambar tersebut. Tolong didampingi ya bun!

aktivitas menebalkan mewarnai

 

  1. Mengenal Huruf Sembari Menebalkan

Nah, game selanjutnya adalah menebalkan huruf-huruf yang masih samar di bawah kotak benda-benda yang ada di sekelilingmu.

semua benda di sekelilingmu, game edukatif dan kreatif

 

 

Potongan-potongan gambar di atas diambil dari buku “365 Aktivitas Anak Pintar”. Ada banyak kegiatan yang dibalut game bisa bunda kenalkan kepada buah hati. Buku ini cocok ditujukan untuk anak usia 4 hingga 7 tahun. Nah, bagi bunda yang memiliki anak usia tersebut, usia sekitar PAUD, TK, dan SD kelas satu bisa didampingi dengan buku ini. Dalam buku ini dikemas sebagai pengantar belajar membaca, menulis, dan berhitung.

365-Aktivitas-Anak-Pintar2Ada 365 aktivitas yang dapat dikerjakan oleh anak. Jika 1 aktivitas dikerjakan setiap hari, peruntukan buku ini dapat digunakan hingga sekitar 1 tahun. Seluruh aktivitas belajar dalam buku ini dibalut dengan permainan seperti Maze Game, Puzzle, menemukan perbedaan, menebalkan garis, bentuk, dan huruf, serta mewarnai dan menggambar. Asyik bukan!

 

 

 

 

 

Share your thoughts